Page 204 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 204

188
                                                             Bagian III : Etika dan Hukum

                           300  ribu  mahasiswa  yang  tersebar  diseluruh  Indonesia  dan  2000
                           diantaranya  ada  di  32  negara  maka  teknologi  adalah  senjata  yang  tidak
                           pernah  lepas  dalam  memberikan  pembelajaran  bagi  mahasiswanya.  Salah
                           satu  layanan  bantuan  belajar  yang  diberikan  oleh  Universitas  Terbuka
                           adalah    tutorial  online  (tuton).  Komunikasi  berbasis  teknologi  membuat
                           antara sumber dan penerima atau tutor dan mahasiswanya tidak bertemu
                           secara  phisisk,  dan  ini  berarti  meminimalkan  konteks  dimana  interaksi
                           terjadi.  Konteks  ada  namun  sangat  berbeda  dengan  konteks  dalam  tatap
                           muka.  Dalam  tatap  muka  konteks  yang  ada  antara  tutor  dan  mahasiswa
                           relative  bisa  terlihat,  namun  pada  interaksi  online  konteks  tidak  nampak
                           secara  nyata,  walau  ia  dapat  dijelaskan  secara  verbal.  Hasil  penelitian
                           Sediyaningsih  (2014)  menunjukkan  bahwa  dari  aktivitas  tutorial  online
                           mahasiswa Universitas Terbuka selama 2 bulan (8 kali inisiasi, diskusi  dan 3
                           tugas)  komunikasi  yang  terjadi  bukan  komunikasi  interpersonal  tetapi
                           komunikasi  non  interpersonal,  karena  interaksi  yang  terjadi  sumber  dan
                           penerima tanpa saling mengenal. Dalam interaksi kebutuhan dasar manusia
                           yaitu  dicintai dan diterima, tidak terlihat nyata kecuali kebutuhan  yang
                           ketiga yaitu dikontrol dan ini didominasi oleh Tutor.

                           Komunikasi Pembelajaran
                               Komunikasi  pembelajaran  atau  instruksional  adalah  komunikasi  yang
                           terjadi dalam dunia pembelajaran. Berasal dari kata instruksi yang artinya
                           suatu  tindakan  untuk  memberikan  instruksi,  atau dalam  dunia pendidikan
                           dikatakan sebagai pengalihan informasi/pengetahuan yang disertai dengan
                           arahan  dan  bimbingan  atau  terstruktur.  Proses  belajar  mengajar  yang
                           melibatkan  guru‐murid,  dosen‐mahasiswa  atau  fasilitator‐peserta,  adalah
                           suatu  bentuk  proses  pembelajaran  yaitu  suatu  rangkaian  peristiwa  yang
                           mempengaruhi peserta didik atau  pembelajar sedemikian  rupa sehingga
                           perubahan perilaku yang disebut hasil belajar terfasilitasi. (Suparman dalam
                           Sediyaningsih, 2014).
                               Dalam dunia komunikasi secara umum kita mengenal teori komunikasi
                           yang  sangat  mendasar  dari  Shannon  dan  Weaver  yaitu  adanya  sumber,
                           pesan,  media  dan  penerima.  Keempat  elemen  tersebut  terkesan  sangat
                           sederhana  namun  pada  prakteknya  tidaklah  sesesderhan  4  komponen itu
                           saja,  karena  dibalik  komponen  tersebut  ada  kondisi‐kondisi  yang  harus
                           dipertimbangkan dalam membuat suatu komunikasi menjadi efektif. Contoh
                           paling  sederhana,  tatkala  kita  memerintahkan  siswa  untuk  mengerjakan
   199   200   201   202   203   204   205   206   207   208   209