Page 157 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 157

Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital





                                   Deskripsi Hasil Studi

                                                                    Grafik 4: P‐2: Saya menggunakan
                                   Grafik 3: P‐1: Saya pernah
                                                                    media   sosial Facebook
                                            mendengar istilah Kepo

                                                                                              SS (6)
                                                                     TS (3)                   141
                                                                      10%                      20%
                                    TS (3)
                                     10%
                                   KS (0)                            KS (6)
                                    0%                               20%
                                                      SS (18)
                                   S (9)               60%
                                   30%                                                        S (15)
                                                                                              50%
                                   Grafik  nomor  3  memberikan     Dari grafik  4  terlihat bahwa 21
                                   gambaran bahwa hampir  seluruh   orang    (70%)    menyatakan
                                   responden  27  (90%)  sudah  tahu   menggunakan   media   sosial
                                   atau  mengenal  media  sosial.   Facebook  Sisanya  9  (30%)  tidak
                                   Sebuah penelitian mencatat bahwa
                                   secara  global  Indonesia  termasuk   menggunakan.   Data   yang
                                   sebagai  pengguna  media  sosial   dikemukakan  oleh  Smith  dalam
                                   tertinggi  sampai‐sampai  dijuluki   Abdulahi;   Samadi;   Gharleghi
                                   sebagai  negara  Twitter dan  negeri   (2014),   bahwa   pengguna
                                   Facebook.   ‘This   has   made   ‘Facebook  has  nearly  one  billion
                                   Indonesia high on the global list of
                                                                    users worldwide  with more than
                                   social  media  users,  being  labelled
                                                                    90%  of  teens’.  Sementara  itu
                                   by the media as  ‘Twitter  Nation’
                                                                    sebuah penelitian yang  didukung
                                   and  ‘Facebook  Country’  (Nugroho
                                   and Syarief, 2012). Oleh karena itu   oleh  UNICEF  sebagai  bagian  dari
   152   153   154   155   156   157   158   159   160   161   162