Page 124 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 124

a double school shift.  Has a quantitative edge on simply
            increasing student to teacher ratio and important quality
            advantage by about 25%.
              Usaha-usaha yang bersitat inovatif seperti pemanfaatan radio
        untuk pendidikan mendapat dukungan dari Menteri Pcndidikam dan
        Kcbudayaan, Mashuri mcngatakan:
            " ... untuk menanggulangi dan mcnghadapi tantangan dan
            masalah itu ditcrapkan strategi scrta program-program
            pendidikan.  Salah satu di antara stratcgi itu adalah pencrapan
            aspek-aspek inovasi dalam sistem pendidikan.  Usaha penerapan
            aspek-aspck inovasi ini bukan hanya sekcdar merupakan
            kosekucnsi logis dari pada pendidikan yang bcrorientasi pada
            kemaj uan zaman, tetapi juga karena approach tradisional dan
            konvensional tidak mungkin lagi menanggulangi masalah yang
            bcrtambah lama bertambah rumit.  Salah satu di antara aspek
            inovasi itu adalah penggunaan siaran (broadcasting) dalam
            pcndidikan.  Telah lama diidentifikasikan bahwa broadcasting
            mempunyai potensi hebat jika penggunaannya teratur dan
            terarah" (Mashuri, 1 972).
              Penggunaan media radio untuk pendidikan juga didorong oleh
        pertimbangan-pertimbangan (Miarso,  1971) scbagai berikut.
        1.  Eksp1osi penduduk yang dengan sendirinya mengakibatkan
            eksplosi anak-anak usia sekolah.
        2.  Eksplosi ilmu pengetahuan.
        3.  Eksplosi teknologi, kedua cksp1osi terakhir ini mcnambah Iebar
            dan dalam jurang pcmisah an tara negara berkembang dan negara
            sedang berkembang.
        4.  Tcrbatasnya dana dan fasilitas untuk perbaikan.
        5.  Perjalanan waktu yang tak dapat menunggu lagi.
              Untuk meyakinkan keadaan lapangan, maka dilaksanakan
        Field Test dengan maksud dan tujuan:
        1.  Untuk mengetahui penerimaan siaran pendidikan jarak jauh dan
            efeknya terhadap murid/pendengar.
        2.  Untuk mengetahui rcspon murid/pendengar terhadap berbagai
            kualitas suara radio yang terdengar pada waktu jam pelajaran




        110
   119   120   121   122   123   124   125   126   127   128   129