Page 126 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 126

SRP UNTUK PENATARAN GURU SD

             Usaha mcningkatkan mutu dan mcmcratakan kcscmpatan
        bclajar tclah dilaksanakan program pcnataran guru SD/MI dan
        Pembina SD scbanyak lcbih kurang 400.000 orang mulai tahun
        1976.  Pcnataran tcrscbut dilaksanakan olch Proyck Pembinaan
        Pcndidikan Dasar (P3D).  Sistcm pcnataran yang dipakai adalah
        dcngan mcnggunakan tim mobil (scbanyak 120 tim @  8 orang) yang
        bcrgcrak eli  17 propinsi yang kcadaan dacrJh dan transportasinya
        mcmungkinkan sampai mcliputi 2200 SD Center.  Scdang pada 9
        propinsi yang lain hanya sampai di kabupaten, mengingat keadaan
        daerah clan transportasi yang sulit.  Pcnataran pada SD Center
        dilangsungkan tiga kali dalam sctahun, masing-masing empat hari
        lamanya.  Sedangkan penataran pada tempat lain bcrlangsung sckali
        dalam sctahun sclama  15  hari.  Tiap guru hanya akan mcndapat
        program pcnataran sckali (3  x 4 hari atau  1 x  15  hari) selamajangka
        waktu proyek.
             Dalam pclaksanaan program P3D, telah dirasakan perlu
        aclanya komunikasi tcrus-menerus antara Pcnatar Kcliling dcngan
        SD Center clan  SD lain eli  sekitarnya, sena dcngan pembina wilayah,
        komunikasi ini dipcrlukan untuk mcmbina dan mcmantapkan hasil-
        hasil pcnataran.  Untuk hal ini, dipcrlukan siaran radio scbagai alat
        komunikasi dan mcnjaga kontinuitas pelatihan, scbab proses
        pcnataran yang dilakukan oleh setiap mobile team untuk masing-
        masing SO Center dari 25  SO Center yang mcnjadi tanggung
        jawabnya hanya 12 hari pclatihan (3  kali pclatihan (aj 4 hari) sclama
        sctahun dengan interval waktu lebih kurang tiga bulan.
              Olch karena itu, siaran radio dapat digunakan sebagai media
        komunikasi untuk menguraikan pcrsoalan-pcrsoalan umum yang
        dijumpai dan bcrguna untuk mencapai tujuan program P3D itu
        scndiri.  Pcrsoalan dimaksud antara lain bahan-bahan pcnataran,
        proscdur penyampaiannya, dan persoalan-pcrsolaan yang perlu
        diketahui olch scmua pihak yang terlibat dalam waktu ccpat.
              Sclain hal-hal yang tclah discbutkan, masalah utama yang
        dihadapi olch Tim Penatar Kcliling (TPK) clari  P3D adalah
        terbatasnya waktu dan luasnya materi penataran schingga tidak



        112
   121   122   123   124   125   126   127   128   129   130   131