Page 129 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 129
penataran. Agar para guru tidak mengalami kesulitan pada saat
mendengarkan siaran, pada BP disajikan arti dari kata sulit, tugas
setelah mendengarkan siaran, serta buku sumber. Pada sore harinya
guru dapat mcndengarkan siaran ulang secara individual di rumah
. .
masmg-masmg.
KOMPONEN KEGIATAN SRP
Kegiatan SRP mempunyai lima komponen sub-kegiatan
(Habib dalam Miarso, 1984), sebagai berikut.
1. Pengembangan Program dan Sistem Penyajian
a. Penyusunan Pola Dasar Kegiatan Bela jar Mcngajar (PDKBM)
sebagai kurikulum penataran lcwat media.
b. Penulisan naskah bahan penyerta siaran (BP).
c. Penulisan naskah siaran
d. Produksi dan pcnggandaan program siaran.
e. Penyebaran (distribusi) BP ke kelompok bclajar dan program
siaran ke stasiun pemancar.
f. Transmisi (penyiaran) program dari Stasiun Pemancar Radio.
g. Pcmbinaan Kelompok Belajar.
h. Evaluasi.
2. Pembentukan Jaringan Kerja
Pada mulanya telah dibentuk satuan kerja di Propinsi yaitu
yang disebut Satuan Tugas Pelaksana Komunikasi Pendidikan dan
Kebudayaan Daerah (SPTD) di sebelas propinsi daerah sasaran
sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,
tanggal 31 Juli 1976, Nomor 0200/P/1976. Pada tahun 1979, Surat
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor
0145/0/1979, menjadikan SPTD sebagai lembaga struktura1
dengan nama Sanggar Teknologi Komunikasi Pendidikan
(Sanggar TKPK, selanjutnya discbut Sanggar Tekkom), yang
berada di bawah pembinaan teknis Pusat Teknologi Komunikasi
Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) dan secara taktis
operasiona1 dibina oleh Kantor Wilayah Depdikbud (Kanwil
Depdikbud) setempat. Sanggar Tekkom inilah yang mengelola
kegiatan SRP di daerah, seperti membentuk kelompok bclajar,
115