Page 129 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 129

penataran.  Agar para guru tidak mengalami kesulitan pada saat
      mendengarkan siaran, pada BP disajikan arti dari kata sulit, tugas
      setelah mendengarkan siaran, serta buku sumber.  Pada sore harinya
      guru dapat mcndengarkan siaran ulang secara individual di  rumah
          .      .
      masmg-masmg.

      KOMPONEN KEGIATAN SRP

            Kegiatan SRP mempunyai lima komponen sub-kegiatan
       (Habib dalam Miarso, 1984), sebagai berikut.
       1. Pengembangan Program dan Sistem Penyajian
        a.  Penyusunan Pola Dasar Kegiatan Bela jar Mcngajar (PDKBM)
            sebagai kurikulum penataran lcwat media.
        b.  Penulisan naskah bahan penyerta siaran (BP).
        c.  Penulisan naskah siaran
        d.  Produksi dan pcnggandaan program siaran.
        e.  Penyebaran (distribusi) BP ke kelompok bclajar dan program
            siaran ke stasiun pemancar.
        f.  Transmisi (penyiaran) program dari Stasiun Pemancar Radio.
        g.  Pcmbinaan Kelompok Belajar.
        h.  Evaluasi.
      2.  Pembentukan Jaringan Kerja
            Pada mulanya telah dibentuk satuan kerja di Propinsi yaitu
        yang disebut Satuan Tugas Pelaksana Komunikasi Pendidikan dan
        Kebudayaan Daerah (SPTD) di sebelas propinsi daerah sasaran
        sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,
        tanggal 31  Juli 1976, Nomor 0200/P/1976.  Pada tahun 1979, Surat
        Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor
        0145/0/1979, menjadikan SPTD sebagai lembaga struktura1
        dengan nama Sanggar Teknologi Komunikasi Pendidikan
        (Sanggar TKPK, selanjutnya discbut Sanggar Tekkom), yang
        berada di bawah pembinaan teknis Pusat Teknologi Komunikasi
        Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) dan secara taktis
        operasiona1 dibina oleh Kantor Wilayah Depdikbud (Kanwil
        Depdikbud) setempat.  Sanggar Tekkom inilah yang mengelola
        kegiatan SRP di daerah, seperti membentuk kelompok bclajar,



                                                                 115
   124   125   126   127   128   129   130   131   132   133   134