Page 125 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 125
dan memperkirakan berapa power output audio yang paling
efektif untuk radio pendidikan.
3. Untuk mendapatkan informasi tentang kritik dan saran dari guru-
guru terhadap operasi dan penyetclan pesawat radio.
4. Untuk mengadakan tukar pikiran, kesan-kesan, dan pengalaman
dengan guru dari pilot proyek siaran pendidikan (yang sudah
dilaksanakan di sekolah-sekolah mereka).
Scdangkan cksperimen yang dilaksanakan di Jawa Tcngah
dan Daerah Istimewa Yogyakarta sebelum disebarkan kc daerah lain
telah diteliti oleh PT Inscore Indonesia atas biaya UNESCO (1973).
Dua di antara sepuluh kesimpulannya menyatakan:
1. Pencapaian (coverage) dari sasaran tergantung bukan saja dari
kemampuan teknis pemancar tetapi juga pada kemampuan
ekonomi pendengar, pemilihan waktu siaran yang tepat, dan
informasi yang lebih meluas, jelas dan tegas (umpamanya
berbentuk instruksi mengenai adanya siaran).
2. Siaran pendidikan temyata lebih tcpat untuk pelajaran-
pelajaran!acara-acara yang memerlukan unsur-unsur audio dan
hal-hal atau perkembangan-pcrkembangan baru yang dapat
diikuti tcrus-menerus oleh f,TUru/kelompok pendengar.
Walaupun basil studi dan penelitian ini menunjukkan basil
yang positif tetapi harus pula kita sadari bahwa berkenaan dengan
kesulitan-kesulitan organisasi, tcknis, personil dan keuangan maka
segala macam bentuk inovasi tcknologi tersebut barus
mempertimbangkan syarat-syarat sebagai berikut.
1. Biaya unit penggunaan inovasi teknologi harus relatif rendah.
2. Tcknologi itu sendiri harus dapat merupakan bagian dari
kebudayaan kita sendiri (bukan melalui basil impor). Artinya
kita scndiri mampu memproduksi, memclihara dan
menggunakan sofhmre maupun hardvmre teknologi itu.
3. Teknologi itu harus dapat digunakan dengan efektif dalam
pendidikan.
4. Inovasi itu harus dapat disebarkan secara luas dalam waktu yang
relatif pendck.
111