Page 125 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 125

dan memperkirakan berapa power output audio yang paling
            efektif untuk radio pendidikan.
        3.  Untuk mendapatkan informasi tentang kritik dan saran dari guru-
            guru terhadap operasi dan penyetclan pesawat radio.
        4.  Untuk mengadakan tukar pikiran, kesan-kesan, dan pengalaman
            dengan guru dari pilot proyek siaran pendidikan (yang sudah
            dilaksanakan di sekolah-sekolah mereka).
             Scdangkan cksperimen yang dilaksanakan di Jawa Tcngah
        dan Daerah Istimewa Yogyakarta sebelum disebarkan kc daerah lain
        telah diteliti oleh PT Inscore Indonesia atas biaya UNESCO (1973).
        Dua di antara sepuluh kesimpulannya menyatakan:
        1.  Pencapaian (coverage) dari sasaran tergantung bukan saja dari
            kemampuan teknis pemancar tetapi juga pada kemampuan
            ekonomi pendengar, pemilihan waktu siaran yang tepat, dan
            informasi yang lebih meluas, jelas dan tegas (umpamanya
            berbentuk instruksi mengenai adanya siaran).
        2.  Siaran pendidikan temyata lebih tcpat untuk pelajaran-
            pelajaran!acara-acara yang memerlukan unsur-unsur audio dan
            hal-hal atau perkembangan-pcrkembangan baru yang dapat
            diikuti tcrus-menerus oleh f,TUru/kelompok pendengar.
             Walaupun basil studi dan penelitian ini menunjukkan basil
        yang positif tetapi harus pula kita sadari bahwa berkenaan dengan
        kesulitan-kesulitan organisasi, tcknis, personil dan keuangan maka
        segala macam bentuk inovasi tcknologi tersebut barus
        mempertimbangkan syarat-syarat sebagai berikut.
        1.  Biaya unit penggunaan inovasi teknologi harus relatif rendah.
        2.  Tcknologi itu sendiri harus dapat merupakan bagian dari
            kebudayaan kita sendiri (bukan melalui basil impor).  Artinya
            kita scndiri mampu memproduksi, memclihara dan
            menggunakan sofhmre maupun hardvmre teknologi itu.
        3.  Teknologi itu harus dapat digunakan dengan efektif dalam
            pendidikan.
        4.  Inovasi itu harus dapat disebarkan secara luas dalam waktu yang
            relatif pendck.





                                                                  111
   120   121   122   123   124   125   126   127   128   129   130