Page 128 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 128
dengan mengintegrasikan penerapan media dan teknologi
komunikasi secara terencana dan terarah sebagai suatu sub sistem
dalam pendidikan dasar. Secara khusus, SRP dimaksudkan untuk:
0) meningkatkan mutu pengetahuan dan kemampuan profesional
guru dan calon guru SD; (2) memperluas kesempatan memperoleh
pendidikan; (3) memperkaya sumber bclajar, dan (4) membantu
terciptanya prinsip belajar seumur hidup dan masyarakat gemar
bela jar.
Sasaran program ini adalah guru SD terutama yang berada di
daerah tcrpencil di sebelas propinsi, yaitu Irian Jaya, Maluku,
Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, NTT, NTB, Kalimantan
Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat dan ten11asuk dua
propinsi dacrah eksperimen yaitu Jawa Tengah dan Daerah Istimewa
Y ogyakarta.
STRATEGISRP
Materi penataran disajikan melalui media radio yang disiarkan
olch RRI dacrah, Radio Pemerintah Daerah (RPD), dan Radio
Swasta Niaga (RSN) sctiap pagi hari dan sore harinya siaran ulang,
selama enam hari dalam seminggu. Sementara sctiap minggu
disiarkan program lokal yang berisi jawaban-jawaban umpan balik
dari para guru. Di setiap SD, dibentuk kelompok belajar
(pendengar) yang terdiri dari guru-guru SD atau kelompok yang
lebih besar dari SD yang berdekatan.
Kelompok belajar ini diketuai oleh kcpala sekolah. Seorang
sekretaris yang dipilih dari anggota kelompok belajar. Selain media
radio, anggota kelompok belajar dilengkapi dcngan buku petunjuk
pcmanfaatan yang berisi bagaimana belajar mclalui radio, pcrsiapan
yang perlu dilakukan sebelum mendengarkan siaran, kegiatan
selama mendengarkan, scrta tugas yang harus dilaksanakan setelah
mendcngarkan siaran.
Dengan keterbatasan durasi siaran yang hanya sekitar 20
mcnit siaran per topik maka para guru dibcrikan buku Bahan
Penyerta (BP) siaran. BP tersebut berisi judul program yang
disiarkan, tujuan umum dan khusus, scrta ringkasan dari materi
114