Page 119 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 119

Mcnyadari bahwa SLTP Tcrbuka bukan SLTP biasa maka
        pcnanganan SLTP Tcrbuka harus dilakukan sccara lcbih scrius,
        ccrmat dan tcrkoordinir mulai dari pusat hingga dacrah yang paling
        ujung bcrurusan dcngan anak didik.  SLTP Tcrbuka sudah saatnya
        untuk tidak diurus sccara sambilan tctapi olch tcnaga yang
        prof'csional, yang sccara khusus dipcrsiapkan untuk mcnangani
        sistcm bcl~ar jarakjauh tingkat SLTP ini.  Pcnycbaran sccara
        massal scpcrti yang dilakukan sclama ini mcmcrlukan tcnaga yang
        mampu, mau, dan punya tingkat kcpcdulian yang tinggi untuk
        mcngclola SLTP Tcrbuka dcngan jumlah tcnaga yang cukup.
             Target SLTP Tcrbuka diakhri Pclita VII scbagaimana yang
        tclah ditetapkan mudah-mudahan dapat tcrcapai.

        DAFT AR PUST AKA
        Bamadib, I. ct al.  1983. J:'m/uasi SMP Tcrhuka.  Jakmia:  Pustckkom.
        Barnadib, I. ct al.  1985. l:'l'llluasi ,)'MP Terhuka.  Jakarta:  Pustckkom.
        BPP.  1999. Ringkasan eksekutiflwsi/ studi:  Volume II.  .hlkarta:
             Dcpartcmcn Pcndidikan dan Kcbudayaan, Badan Pcnclitian
             dan Pcngcmbangan.
        Bradley, J.  1991. fmpmving the printed learning materials o(SlvfP
             Tahuka:  Consultancv report.  Jakarta:  Pustckkom Dikbud-
             UNI;SCO/UNDP.
        CBS.  1997. Statistik kependudukan.  Jakarta: Central Bureau of
             Statistics.
        Calvano, M.  A  &  Sacliman, A  S. No Y car.  Case studv oft he
             Indonesian opcnjunior secondan· school.  Jakarta:  Pustckkom.
        Kartasurya, K. ct al. Baseline studyfiJr openjunior high school.
             Jakarta:  Uncsco/UNDP INS/88/028.
        Pustckkom.  1993.  7enllwn lwsi/pene!itian Si'vfP Terbuka.  Jakarta:
             Pustckkom.
        Rowntrcc, D.  1992. E•ploring open and distance !coming.  London:
             Kogan Page Ltd.
        Rumble, G.  1992.  Tlzc A!anagcmen/ of'distance learning .\)'stems.
             Paris:  UNFSCO, International Institute f'or  Educational
             Planning.



                                                                  105
   114   115   116   117   118   119   120   121   122   123   124