Page 119 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 119
Mcnyadari bahwa SLTP Tcrbuka bukan SLTP biasa maka
pcnanganan SLTP Tcrbuka harus dilakukan sccara lcbih scrius,
ccrmat dan tcrkoordinir mulai dari pusat hingga dacrah yang paling
ujung bcrurusan dcngan anak didik. SLTP Tcrbuka sudah saatnya
untuk tidak diurus sccara sambilan tctapi olch tcnaga yang
prof'csional, yang sccara khusus dipcrsiapkan untuk mcnangani
sistcm bcl~ar jarakjauh tingkat SLTP ini. Pcnycbaran sccara
massal scpcrti yang dilakukan sclama ini mcmcrlukan tcnaga yang
mampu, mau, dan punya tingkat kcpcdulian yang tinggi untuk
mcngclola SLTP Tcrbuka dcngan jumlah tcnaga yang cukup.
Target SLTP Tcrbuka diakhri Pclita VII scbagaimana yang
tclah ditetapkan mudah-mudahan dapat tcrcapai.
DAFT AR PUST AKA
Bamadib, I. ct al. 1983. J:'m/uasi SMP Tcrhuka. Jakmia: Pustckkom.
Barnadib, I. ct al. 1985. l:'l'llluasi ,)'MP Terhuka. Jakarta: Pustckkom.
BPP. 1999. Ringkasan eksekutiflwsi/ studi: Volume II. .hlkarta:
Dcpartcmcn Pcndidikan dan Kcbudayaan, Badan Pcnclitian
dan Pcngcmbangan.
Bradley, J. 1991. fmpmving the printed learning materials o(SlvfP
Tahuka: Consultancv report. Jakarta: Pustckkom Dikbud-
UNI;SCO/UNDP.
CBS. 1997. Statistik kependudukan. Jakarta: Central Bureau of
Statistics.
Calvano, M. A & Sacliman, A S. No Y car. Case studv oft he
Indonesian opcnjunior secondan· school. Jakarta: Pustckkom.
Kartasurya, K. ct al. Baseline studyfiJr openjunior high school.
Jakarta: Uncsco/UNDP INS/88/028.
Pustckkom. 1993. 7enllwn lwsi/pene!itian Si'vfP Terbuka. Jakarta:
Pustckkom.
Rowntrcc, D. 1992. E•ploring open and distance !coming. London:
Kogan Page Ltd.
Rumble, G. 1992. Tlzc A!anagcmen/ of'distance learning .\)'stems.
Paris: UNFSCO, International Institute f'or Educational
Planning.
105