Page 114 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 114
pcngusaha yang mcnampungnya mcmpunyai sif~it udaptuhcl,
mampu bcrorganisasi, mcmpunyai kcmampuan akadcmik tidak
di bawah mcrata, mcmpunyai inisiatif dan tanggung jawab
bcsar. (Fvaluasi sistcm SLTP Tcrbuka 19S I, 19~5).
3. Scbuah bcntuk kerjasama yang baik antara Pusat Tcknologi
Komunikasi Pcnclidikan dan Kcbudayaan (Pustekkom Dikbud)
dan Direktorat Pcndidikan Mcnengah Umum (Dit Dikmenum)
yang sceara bcrsama-sama mcngcmbangkan dan mcmbina
pclaksanaan sistem STLP Terbuka. Dalam ke1jasama ini
Pustekkom Dikbud terutama bertanggung jawab dalam
mengcmbangkan sistem SLTP Tcrbuka, dan Dit Dikmcnum
bertanggungjawab clalammcmbina pclaksanaan SLTP Terbuka.
4. Sebuah buku pola operasional dan dua buah buku Petunjuk
untuk Guru Bina dan untuk Guru Pamong yang dapat digunakan
untuk para pcngclola dan pelaksana sebagai pcdoman dalam
menyelenggarabn SLTP Tcrbuka.
5. Seperangkat bahan bclajar mandiri (90 buku untuk kelas L II,
clan Ill) yang disajikan dalam bentuk media cetak bcrupa modul,
scrta media non cctak scpcrti program audio/siaran radio, f'ilm
bingkai, video/TV yang dikcmbangkan bcrdasarkan kurikulum
yang berlaku.
6. Scpcrangkat modul oricntasi SLTP Tcrbuka ( 15 judul) untuk
mcmbcrikan orientasi bagi pembina, kepala sekolah, wakil
kepala sckolah, guru bina, dan guru pamong.
7. Scjumlah kepala sekolah, wakil kepala sckolah, guru bina dan
guru pamong yang tclah tcrlatih dan mempunyai pcngalaman
dalam mcngelola pclaksanaan SLTP Terbuka yang terdapat pada
3. 773 lokasi. M ercka ini merupakan modal yang bcrharga
dalam penyebarluasan SLTP Terbuka.
S. Scbuah tim pengcmbang bahan belajar yang meliputi tim
pcnulis, tim pcngkaji matcri, tim pengcmbang instruksional yang
tclah tcrlatih dan mcmpunyai pcngalaman dalam
mengcmbangkan bahan bel ajar untuk pcndiclibn jarak jauh a tau
pcnclidikan tcrbuka.
9. Berbagai pola kcgiatan bclajar mengajar SLTP Tcrbuka. Pola-
100