Page 109 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 109
Tabel 1. Pcrkembangan SLTP Terbuka Jumlah Lokasi dan Jumlah
Siswa (Keadaan Tahun Ajaran 199411995 s.d. 1998/1999)
Kclas VII Kelas VIII Kclas IX
Total
Tahun
Jumlah Jumlah Jumlah Jumlah Jumlah Jumlah Jumlah
Ajaran Lokasi Siswa Lokasi Siswa Lokasi Siswa Siswa
199411995 59 9,738 34 4,869 20 3,759 18,366
1995/1996 356 28,480 59 9,738 34 4,869 43,087
1996/1997 956 52,191 356 28,480 59 9.738 64,409
1997/1998 2,356 127,090 956 52,191 356 28,480 207,761
1998/1999 3,773 197,369 2,356 127.090 956 52,191 376,620
Siswa-siswa SLTP Tcrbuka pada umunmya berasal dari
kc1uarga miskin dan bcrpendidikan rendah. Mayoritas dari orang
tua siswa adalah petani miskin. Bebcrapa diantaranya ada1ah
pcngusaha kcci1, buruh, pekerja bangunan, montir, penarik beca,
pembantu rumah tangga, sedangkan minoritas tcrdiri dari pcgawai
rendah di pemerintahan. Dalam kondisi seperti ini, pada
umumnya sikap orang tua terhadap anaknya adalah bahwa anak
harus membantu orang tua mencari nafkah bagi keluarga mereka.
Bcberapa alasan SLTP Terbuka disebarluaskan sehingga
mcnjadi pilihan andalan untuk menuntaskan Wajar Dikdas 9
Tahun, ada1ah hal-hal berikut.
SLTP Terbuka telah mcnunjukkan beberapa basil positif,
sepcrti lulusannya dapat melanjutkan kc SLT A, ditcrima
bekerja di masyarakat, bertanggung jawab, adaptable, mandiri
dan sebagainya.
SLTP Terbuka sebagai suatu sistcm pendidikanjalur sckolah
telah dapat diterima oleh masyarakat.
SLTP Terbuka sebagai suatu sistem pendidikan dapat
mengatasi masalah pcndidikan yang sulit diatasi dengan
menggunakan sistem konvensional. Lulusan SD yang tinggal
di daerah terpencil, yang tinggal di daerah yang berpenduduk
sedikit, yang harus bcketja mencari naikah padajam-jam
seko1ah dapat diberikan kesempatan untuk mcngcnyam
pcndidikan tingkat SL TP mclalui SLTP Tcrbuka.
95