Page 109 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 109

Tabel 1. Pcrkembangan SLTP Terbuka Jumlah Lokasi dan Jumlah
               Siswa (Keadaan Tahun Ajaran 199411995 s.d.  1998/1999)
                      Kclas VII      Kelas VIII     Kclas IX
                                                                Total
           Tahun
                    Jumlah   Jumlah   Jumlah  Jumlah   Jumlah   Jumlah   Jumlah
           Ajaran   Lokasi   Siswa   Lokasi   Siswa   Lokasi   Siswa   Siswa
         199411995     59   9,738    34    4,869    20   3,759   18,366
         1995/1996    356   28,480   59    9,738    34   4,869   43,087
         1996/1997    956   52,191   356   28,480   59   9.738   64,409
         1997/1998   2,356  127,090   956   52,191   356  28,480   207,761
         1998/1999   3,773   197,369   2,356   127.090   956  52,191   376,620

             Siswa-siswa SLTP Tcrbuka pada umunmya berasal dari
          kc1uarga miskin dan bcrpendidikan rendah.  Mayoritas dari orang
          tua siswa adalah petani miskin.  Bebcrapa diantaranya ada1ah
          pcngusaha kcci1,  buruh, pekerja bangunan, montir, penarik beca,
          pembantu rumah tangga, sedangkan minoritas tcrdiri dari pcgawai
          rendah di pemerintahan.  Dalam kondisi seperti ini, pada
          umumnya sikap orang tua terhadap anaknya adalah bahwa anak
          harus membantu orang tua mencari nafkah bagi keluarga mereka.
             Bcberapa alasan SLTP Terbuka disebarluaskan sehingga
          mcnjadi pilihan andalan untuk menuntaskan Wajar Dikdas 9
          Tahun, ada1ah hal-hal berikut.
             SLTP Terbuka telah mcnunjukkan beberapa basil positif,
             sepcrti lulusannya dapat melanjutkan kc SLT  A, ditcrima
             bekerja di masyarakat, bertanggung jawab, adaptable, mandiri
             dan sebagainya.
             SLTP Terbuka sebagai suatu sistcm pendidikanjalur sckolah
             telah dapat diterima oleh masyarakat.
             SLTP Terbuka sebagai suatu sistem pendidikan dapat
             mengatasi masalah pcndidikan yang sulit diatasi dengan
             menggunakan sistem konvensional.  Lulusan SD yang tinggal
             di daerah terpencil, yang tinggal di daerah yang berpenduduk
             sedikit, yang harus bcketja mencari naikah padajam-jam
             seko1ah dapat diberikan kesempatan untuk mcngcnyam
             pcndidikan tingkat SL TP mclalui SLTP Tcrbuka.



                                                                   95
   104   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114