Page 107 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 107
pcngiriman bahan belajar elapat eliusahakan tcpat waktu dan
sistem pcngclolaan bclajar mcngajamya dipcrbaiki.
Terungkap juga bal1\Va jumlah lulusan SMP Terbuka yang
mclanjutkan kc SLTJ\ cukup banyak, scdangkan yang lain
mcnggunakan ijazahnya untuk mcncari kc1ja.
Sclama masa pcrintisan terscbut ( 197~11979 s.d 19~3/19S4)
tclah bcrlangsung tiga kali ujian ncgara. Catalan hasil bclajar
siswa SMP Tcrbuka di lima lokasi pcrintisan terscbut
mcnunjukkan kcmantapan lulusan eli atas 90'Yo dari jumlah siswa
yang ikut ujian, mcskipun angka ini scelikit lebih rcnelah hila
elibandingkan dcngan angka lulusan di SMP induknya.
2. Tahap Pcnycbaran
Pcnycbaran SLTP Tcrbuka scmula dircncanakan untuk
mcngantisipasi akan adanya kcndala kurangnya gcelung sckolah.
Tcnggang waktu elibcrikan sampai tahun 19~9 saat mana
dipcrkirakan Pcmcrintah akan mempunyai dana untuk mcnambah
gcdung sckolah scrta fasilitas yang dipcrlukan. Namun kcndala
kcuangan Pcmcrintah ticlak kunjung mcmbaik. Karcna itu pacla
tahun 1989 lokasi SLTP Tcrbuka mulai dikcmbangkan yang
scmula hanya lima lokasi eli lima propinsi mcnjadi:
8 lokasi di 5 propinsi pada tahun 19S8119S9
15 lokasi eli 9 propinsi pacla tahun 1989/1990
20 lokasi eli 14 propinsi pacla tahun 199011991
25 lokasi di 19 propinsi pada tahun 1991/1992
34 lokasi eli 25 propinsi pada tahun 1992/1993
59 lokasi di 26 propinsi paela tahun 1994/1995
Pada tahun 1994 Pcmcrintah mcncanangkan Wajib Bclajar
Pcndidikan Dasar 9 tahun (Wajar Dikdas) dcngan target
pcnuntasannya sclama lima hclas tahun. Namun karcna makin
bcrtambahnya tantangan yang akan dihadapi tcrutama dalam
mcnuju pcrsaingan bchas tingkat J\SE!\.N tahun 2003/2004 dan
tahun 2020 tingkat i\.sia Pasi!ik maka target pcnuntasan Wajar
Dikdas dipcrccpat mcnjadi scpuluh tahun. lni jclas mcrupakan
tantangan yang tidak ringan namun mcnarik untuk kita jawab.
93