Page 106 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 106
Tcrbuka. Kcmudian surat Kctua BP3K Nom or 1321 /G 1 .111/79
mcnunjuk Pusat Tcknologi Komunikasi Pcndidikan dan
Kcbudayaan (Pustckkom Dikbud) untuk mc1aksanakan Kcputusan
Mcntcri tcrscbut.
Mcla1ui bcrbagai pcrtcmuan, studi kc lapangan, rapat
koordinasi dan seminar nasionalmaka ditctapkan lima lokasi
perintisan, yaitu:
SMP Tcrbuka Ka1ianda, eli Lampung Sclatan, Propinsi
I_ampung
SMP Tcrbuka Plumbon, Circbon, Propinsi Jawa Barat;
SMP Tcrbuka Adiwcrna, TcgaL Propinsi Jawa Tcngah;
SMP Tcrbuka Kalisat, Jcmbcr, Propinsi Jawa Timur: clan
SMP Tcrbuka Tcrara, Lombok Timur, Propinsi Nusa
Tcnggara Barat.
Sclama masa pcrintisan tclah dilakukan bcrbagai stucli dan
pcmantauan untuk mclihat scjauhmana kclaikan clari sistcm
tcrscbut, antara lain scbagai bcrikut.
Tahun 1981, Tim Pcncliti dari lKIP Yogyakarta yang
dipimpin Imam Barnadib mcngungkapkan aclanya bcrbagai
masalah yang dihaclapi. Masalah utama mcnyangkut
tcrbatasnya anggaran yang discdiakan dan tidak tercapainya
rasio 90%) bel ajar mandiri, 10% tatap muka. Namun dcmikian
proses pembclajaran dapat bcrjalan dcngan baik dan
pcnggunaan bahan cctak modul schagai media utama tcrbukti
dapat dipcrgunakan dcngan baik pula.
Tahun 1982, diadakan stucli yang dilakukan olch Michael
Calvano dan Aricf S. Sadiman. Mcrcka mcncmukan bahwa
siswa SMP Tcrbuka mcnunjukkan hasil kinc1ja yang dapat
dipcrbandingkan dcngan rckan-rckan mcrcka eli SMP
induknya. Mcskipun tidak scbaik rckan mcrcka di SMP induk
namun dari scgi pcrilaku, siswa SMP Tcrbuka mcnunjukkan
sikap lebih aktif, bcrprakarsa, dan lcbih bcrtanggungjawab.
Tahun 1983 dicvaluasi kcmbali olch Tim dari !KIP
Yogyakarta yang dipimpin Imam Barnadib. Ilasilnya
mcnunjukkan bahwa sistcm akan bcrfungsi lcbih baik hila
92