Page 101 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 101

mcnyelesaikan studi sampai dengan batas waktu terakhir eukup
          besar, yaitu 1574 orang.  Jumlah inilah yang disarankan langsung
          mengalih ke ProgramS 1 sejenis, atau akan dibcri surat ketcrangan
          jika tidak berkeinginan beralih program.
             Kctika  PP Nomor 19 tahun 2005 dan UU Nomor 14 tahun
          2005 diberlakukan, keputusan untuk menutup semua Program DIII
          Kependidikan, sebagaimana yang sudah diuraikan menjadi sangat
          relevan.  Dengan penutupan program tersebut, pendidikan guru
          untuk sekolah menengah difokuskan pada program Pendidikan S  1
          Bidang Studi yang sudah disclenggarakan sejak berdirinya UT.
          Dalam hal ini FKIP-UT tclah mcmiliki Program S  1 Pendidikan
          Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan
          Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, dan
          Pendidikan Kimia.  Tahun 2003, dua program sarjana
          kependidikan, yaitu Program Studi S  1 Pendidikan Ekonomi dan
          Koperasi (PEKO) dan S  1 Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
          dibuka berdasarkan ijin rcsmi dari Direktorat Jenderal Pendidikan
          Tinggi.  Dengan demikian, UT sudah siap berperan dalam
          pcningkatan kualifikasi guru sekolah mencngah sampai j cnj ang
          sarjana (S 1 ).
             Dengan ditutupnya Program D II PGSD pada semester 2007.1
          dan Program DIII Kependidikan pada semester 2004.1, maka
          program pcndidikan guru yang disclcnggarakan oleh FKIP-UT
          merupakan program pada jenjang sarjana (S 1 ), keeuali Program D
          II Pcndidikan Olah Raga dan Program D II PGTK.  Hal ini
          membuktikan bahwa UT mempunyai komitmen yang tinggi untuk
          membantu peningkatan kualifikasi guru sesuai dengan tuntutan
          undang-undang.
        KESIMPULAN

             Dari uraian dapat disimpulkan bahwa program penyctaraan
        yang diselenggarakan oleh FKIP-UT mcmang mcrupakan eikal
        bakal dari berbagai program peningkatan kualifikasi guru SO dan
        SMP yang dikembangkan sesuai dengan tuntutan kebijakan
        pemerintah.  Bcrbagai pendekatan, tem1asuk filosofi yang melandasi



                                                                   87
   96   97   98   99   100   101   102   103   104   105   106