Page 102 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 102

program pcnyctaraan, masih tctap mcrupakan landasan utama
        program-program sclanj utnya mcskipun ada berbagai modi fikasi
        yang discsuaikan clcngan tuntutan kcbijakan scrta pcrkcmbangan
        i.lmu pcngctahuan dan tcknologi.
             Bcrdasarkan jumlah lulusan yang sudah clihasilkan, program
        pcnyctaraanjugJmcmpunyai pcran penting dalam pcningkatan
        kualilikasi guru.  Pcran ini mcnjadi  lebih scntral karcna program
        pcnyctaraan ini disclcnggarakan mclalui  PJJ, schingga guru dapat
        mcningkatkan kualifikasinya tanpa mcninggalkan tugas pokoknya
        scbagai guru.  Jumlah guru yang sudah bcrhasil mcningkatkan
        kuali tikasinya clalam kurun waktu sckitar 16  tahun mcrupakan
        jumlah yang patut clipcrhitungkan.  Dibandingkan dcngan lulusan
        yang dihasilkan olch LPTK tatap muka dalam kurun waktu yang
        S<Hna, jumlah ini  bcrada jauh eli  atasnya. Olch karcna itu, tampaknya
        pcningkatan kualifikasi guru mclalui PJ.J  mcrupakan salah satu
        altcrnatif utama.
             Satu pc!Jjaran yang clapat dipctik (lesson  learned) cbri
        program pcnyctaraan ini aclalah mcngcnai pcnghargaan tcrhJdap
        pcngalaman mcngajar para guru yang mcngikuti program
        pcningkatan kualilikasi, yang mcmang layak dipcrhitungkan.
        Namun, pcnganugrahan krcclit mclalui pcnilaian I IBMP tcrnyatJ
        tidak mcnjanjikan karcna banyaknya dokumcn yang harus disiapkan
        clan rumitnya proscdur yang harus ditcmpuh untuk mcnclapat
        pcnganugrahan krcdit.  Olch karcna itu, pcrlu dipikirkan cara lain
        L)ntuk mcnghargai pcngalaman mcngajar guru.  Cara tcrscbut harus
        dapat dipcttanggungjawabkan, baik dari scgi akadcmik maupun
        pcngclolaan.
        DAFTAR PUSTAKA

        Dckan FKIP-UT. 2005. Laporan Akhir Masa Jaharan Dekan
             Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2001-2005.  Jakarta:
              Universitas Tcrbuka.
        Dcpclikbud.  1995. Pedoman penyelenggaraan program penyetaraan
             D/1 gurusekolah dasar (0 s.d.  10).  Jabrta: Proyck
              Pcningkatan Mutu Guru SO Sctara DII.




        88
   97   98   99   100   101   102   103   104   105   106   107