Page 102 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 102
program pcnyctaraan, masih tctap mcrupakan landasan utama
program-program sclanj utnya mcskipun ada berbagai modi fikasi
yang discsuaikan clcngan tuntutan kcbijakan scrta pcrkcmbangan
i.lmu pcngctahuan dan tcknologi.
Bcrdasarkan jumlah lulusan yang sudah clihasilkan, program
pcnyctaraanjugJmcmpunyai pcran penting dalam pcningkatan
kualilikasi guru. Pcran ini mcnjadi lebih scntral karcna program
pcnyctaraan ini disclcnggarakan mclalui PJJ, schingga guru dapat
mcningkatkan kualifikasinya tanpa mcninggalkan tugas pokoknya
scbagai guru. Jumlah guru yang sudah bcrhasil mcningkatkan
kuali tikasinya clalam kurun waktu sckitar 16 tahun mcrupakan
jumlah yang patut clipcrhitungkan. Dibandingkan dcngan lulusan
yang dihasilkan olch LPTK tatap muka dalam kurun waktu yang
S<Hna, jumlah ini bcrada jauh eli atasnya. Olch karcna itu, tampaknya
pcningkatan kualifikasi guru mclalui PJ.J mcrupakan salah satu
altcrnatif utama.
Satu pc!Jjaran yang clapat dipctik (lesson learned) cbri
program pcnyctaraan ini aclalah mcngcnai pcnghargaan tcrhJdap
pcngalaman mcngajar para guru yang mcngikuti program
pcningkatan kualilikasi, yang mcmang layak dipcrhitungkan.
Namun, pcnganugrahan krcclit mclalui pcnilaian I IBMP tcrnyatJ
tidak mcnjanjikan karcna banyaknya dokumcn yang harus disiapkan
clan rumitnya proscdur yang harus ditcmpuh untuk mcnclapat
pcnganugrahan krcdit. Olch karcna itu, pcrlu dipikirkan cara lain
L)ntuk mcnghargai pcngalaman mcngajar guru. Cara tcrscbut harus
dapat dipcttanggungjawabkan, baik dari scgi akadcmik maupun
pcngclolaan.
DAFTAR PUSTAKA
Dckan FKIP-UT. 2005. Laporan Akhir Masa Jaharan Dekan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2001-2005. Jakarta:
Universitas Tcrbuka.
Dcpclikbud. 1995. Pedoman penyelenggaraan program penyetaraan
D/1 gurusekolah dasar (0 s.d. 10). Jabrta: Proyck
Pcningkatan Mutu Guru SO Sctara DII.
88