Page 116 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 116

sekolah.  Siswa SLTP Terbuka pada prinsipnya diharapkan
            dapat belajar dengan bantuan seminimal mungkin dari t,>urunya.
            Karena itu dalam sistem SLTP Terbuka bahan belajar mandiri
            itu mcrupakan komponen yang sangat penting.  Bila bahan
            belajar itu terlambat datang dilokasi akan sangat sulit bagi
            Kepala Sekolah untuk mengatur pelaksanaan kegiatan
            pcmbelajaran.  Hal tersebut hanya dapat diatasi bila Kepala
            Sekolah mempunyai rasa tanggung jawab, penuh kreatif dan
            mendapat dukungan dan bantuan sepenuhnya dari para guru dan
            anggota masyarakat.
        3.  Perlu adanya koordinasi yang mantap dalam pcngelolaan SLTP
            Terbuka.  Karena SL TP Terbuka dikclola oleh beberapa pihak,
            perlu adanya koordinasi yang baik dalam menyelenggarakan
            SLTP Terbuka.  Koordinasi tcrscbut selama ini telah be1jalan
            dengan baik tetapi karcna pihak terkait itu masing-masing
            mcmpunyai tugas-tugas lain yang juga penting, koordinasi
            pcngelolaan SLTP Terbuka tidak selamanya berjalan mulus.
        4.  Masih ada kecenderungan dari pclaksana SLTP Tcrbuka di
            tingkat sekolah untuk menambah jam bel ajar tatap muka dcngan
            maksud membantu siswa dalam bclajar.  Sungguhpun
            kecenderungan ini mempunyai maksud baik, namun hal tersebut
            mcngandung unsur-unsur yang kurang sesuai dcngan sistcm
            SLTP Terbuka dan kurang sesuai dcngan prinsip belajar
            mandiri.  Dalam sistem SLTP Terbuka siswa diharapkan dapat
            belajar dcngan bantuan sesedikit mungkin dari orang lain.  Di
            samping itu juga kurang sesuai dcngan kondisi siswa.  Ban yak
            siswa SLTP Terbuka yang mcrasa berat untuk mcnghadiri
            kcgiatan tatap muka karena kesulitan biaya transp011asi.  Makin
            sering kcgiatan tatap muka disclenggarakan maka makin bcrat
            bagi mereka.
        5.  Kurang lancamya pelaksanaan kegiatan pcmbelajaran SLTP
            Tcrbuka di beberapa lokasi baru.  Sampai tahun ajaran
            1998/1999 pcnycbaran SLTP Terbuka yang dibuka oleh
            Departcmcn Pendidikan dan Kebudayaan sebanyak 3 773  lokasi.
            Di samping itu ada beberapa lokasi yang dibuka oleh Pcmcrintah




        102
   111   112   113   114   115   116   117   118   119   120   121