Page 115 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 115
pola ini tclah bcrkcmbang di bcrbagai lokasi SLTP Tcrbuka
scsuai dcngan kondisi dan tcrscdianya sumbcr bclajar eli lokasi
bcrsangkutan. Pola-pola ini sctclah dimantapkan akan dapat
digunakan olch lokasi pcnycbaran yang kondisinya sama.
10. Bcrdasarkan laporan yang masuk scbanyak 956 lokasi SLTP
Tcrbuka yang tclah bcrhasi mclaksanakan sistcm tcrscbut dan
mcluluskan siswanya tahun ajaran 199S/1999. Scdangkan
jumlah lokasi SLTP Tcrbuka saat ini scbanyak 3773 lokasi yang
tcrscbar di '27 propinsi. Disamping itu ada scjumlah SLTP
Tcrbuka yang dibuka olch Pcmcrintah Dacrah scpcrti di DIG
Jakarta.
11. Laporan hasil cvaluasi dan monitoring scrta hasil rapat-rapat
koordinasi yang dapal dijadikan acuan dalam mcncntukan
kcbijakan-kcbijakan lcbih lanjut dalam pcngcmbangan dan
pcnycbaran SLTP Tcrbuka.
HAMBATAN DAN KESULITAN YANG DIHADAPI SLTP
TERBUKA
Pcngalaman dalam mcnyclcnggarakan SLTP Tcrbuka sclama
hampir 20 tahun mcnunjukkan bahwa banyak hambatan dan
kcsulitan yang dihadapi dalam mclaksanakan sistcm SLTP Tcrbuka.
Namun hambatan dan kcsulitan itu scdikit dcmi scdikit dapat
tcratasi. Pcngalaman dalam mcngatasi kcsulitan ini kiranya dapat
dijadikan pclajaran yang bcrharga supaya pcnyclcnggaraan SLTP
Tcrbuka sclama pcnycbaran lcbih lanjut dapat lcbih baik dan lcbih
Ia ncar. I lambatan dan kcsulitan itu adalah scbagai bcrikut.
l. Kcsulitan dalam pcnycdiaan bahan bclajar tcpat pacla waktunya.
Kurangnya jumlah pcnulis yang bc111cngalaman tclah
mcnycbabkan kurang lancarnya pcnulisan moclul dan pcnulisan
naskah program media lainnya. Kctcntuan dan pcraturan yang
bcrlaku juga mcnghambat kclancaran proses produksi dan
rcproduksi program. i\kibat dari scmua itu bahan bclajar yang
dipcrlukan untuk bclajar tcrlambat sampai di lokasi.
' Kcsulitan yang dihadapi Kcpala Sckolah dalam mclaksanakan
SLTP Tcrbuka karcna bahan bclajar tcrlambat sampai di
101