Page 363 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 363
tampak pada kedua jenis pelayanan tersebut dan peran komputer mul-
timedia tampak lebih menonjol pada jenis pelayanan akademis, terutama
untuk memproduksi bahan ajar yang interaktif.
Pemanfaatan Komputer untuk Kepentingan Administrasi
Dari sudut pandang mahasiswa, pelayanan adminitratif antara lain da-
lam bentuk penyediaan informasi tentang UT (seperti katalog, leflet,
brosur), penyediaan bahan ajar cetak, dan pengolahan data registrasi serta
ujian. Jika jumlah mahasiswa UT di bawah lima ribu, mungkin jumlah
dan jenis peralatan kantor UT sebagai suatu universitas tidak beda de-
ngan yang ada di perguruan tinggi konvensional. Namun, karena jumlah
mahasiswa UT dalam angka ratusan ribu, maka manajemen yang diterap-
kan mirip dengan manajemen dalam dunia industri. Masukan, proses,
dan keluaran dalam sistem PJJ UT selalu dalam skala besar atau bersifat
massal. Akhirnya, komputerisasi merupakan pilihan yang tidak dapat
dihindarkan.
1. Pengetikan: Bahan Ajar Cetak.
Pada masa-masa awal UT berdiri, ketersediaan informasi dan bahan
ajar cetak merupakan masalah yang kritikal. Jumlah dan jenis bahan ajar
cetak perlu disiapkan untuk melayani 60.000 mahasiswa. Setijadi (1986)
menyebutkan bahwa waktu dan sumberdaya yang tersedia untuk mem-
persiapkan bahan ajar dalam jumlah besar pada masa awal UT berdiri
sangat terbatas. Padahal, proses ketik-edit yang berulang-ulang mem-
butuhkan waktu yang cukup lama. Solusi yang ditempuh untuk mengatasi
hal tersebut akhirnya adalah penyediaan sarana komputer beserta perang-
kat lunak pengolah kata. UT memutuskan untuk menggunakan komputer
Apple II dan pengolah kata Wordstar. Pilihan untuk menggunakan kompu-
ter Apple didasarkan atas beberapa pertimbangan yang antara lain ada-
376