Page 363 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 363

tampak  pada  kedua  jenis pelayanan  tersebut  dan  peran komputer  mul-
            timedia tampak lebih menonjol pada jenis pelayanan akademis, terutama
            untuk memproduksi bahan ajar yang interaktif.


            Pemanfaatan Komputer untuk  Kepentingan Administrasi
               Dari sudut pandang mahasiswa, pelayanan adminitratif antara lain da-

            lam bentuk  penyediaan  informasi  tentang  UT  (seperti  katalog,  leflet,
            brosur), penyediaan bahan ajar cetak, dan pengolahan data registrasi serta
            ujian.  Jika jumlah mahasiswa  UT di  bawah  lima  ribu,  mungkin jumlah
            dan jenis peralatan kantor  UT  sebagai  suatu universitas  tidak  beda  de-
            ngan yang ada di perguruan tinggi konvensional.  Namun, karena jumlah
            mahasiswa UT dalam angka ratusan ribu, maka manajemen yang diterap-
            kan  mirip  dengan  manajemen  dalam  dunia  industri.  Masukan,  proses,
            dan keluaran dalam sistem PJJ  UT selalu dalam skala besar atau bersifat
            massal.  Akhirnya,  komputerisasi  merupakan  pilihan  yang  tidak  dapat
            dihindarkan.


            1.  Pengetikan: Bahan Ajar Cetak.
               Pada  masa-masa awal  UT berdiri,  ketersediaan informasi  dan bahan
            ajar cetak merupakan masalah yang kritikal. Jumlah dan jenis bahan ajar
            cetak perlu disiapkan untuk melayani 60.000 mahasiswa.  Setijadi (1986)
            menyebutkan  bahwa  waktu  dan  sumberdaya  yang  tersedia  untuk  mem-
            persiapkan bahan  ajar dalam jumlah besar pada  masa  awal  UT berdiri
            sangat  terbatas.  Padahal,  proses  ketik-edit  yang  berulang-ulang  mem-

            butuhkan waktu yang cukup lama. Solusi yang ditempuh untuk mengatasi
            hal tersebut akhirnya adalah penyediaan sarana komputer beserta perang-
            kat lunak pengolah kata. UT memutuskan untuk menggunakan komputer
            Apple II dan pengolah kata Wordstar. Pilihan untuk menggunakan kompu-
            ter Apple didasarkan  atas  beberapa pertimbangan yang  antara  lain  ada-

                                           376
   358   359   360   361   362   363   364   365   366   367   368