Page 362 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 362
dapat mendengarkannya melalui kaset tersebut. Seluruh program siaran
radio, bahan ajar cetak, dan kaset audio diproduksi oleh Pusat Teknologi
Komunikasi (Pustekkom) di Jakarta dan dua cabangnya yang ada di dua
proinsi, Yogjakarta dan Jawa Tengah.
Komputer: Teknologi dan PJJ Indonesia 1980-an
Penggunaan teknologi dalam PJJ, dalam hal ini komputer, secara eks-
pilisit tampak dalam periode 1980-an ini, yakni ketika Universitas Terbuka
didirikan pada tahun 1984. Konsep pendidikan yang padat teknologi tam-
pak pada dasar-dasar yang digunakan untuk membangun sistem pendi-
dikan jarak jauh, dalam hal ini UT. Setijadi ( 1986) menyebutkan bahwa
sistem PJJ UT dibangun dengan memasukkan aspek teknologi sebagai
berikut:
1. Penggunaan komputer pengolah kata (word processor) yang meng-
hasilkan output yang berkualitas untuk memproduksi bahan ajar cerak
2. penggunaan komputer dan program komputer (piranti lunak) Univer-
sitas Indonesia untuk pengolahan data registrasi dan ujian.
Dengan melihat dua komponen tersebut, tampak bahwa peran kompu-
ter dalam PJJ UT adalah dalam hal produksi bahan ajar, pengolahan data
registrasi dan ujian. Dalam kenyataan, pemanfaatan teknologi, dalam hal
ini komputer, ternyatajauh lebih luas dari yang diperkirakan. Dalam struk-
tur organisasi PJJ UT, hampir semua bagian (di UT disebut 'unit') baik
yang memberikan pelayanan internal (pegawai UT) maupun eksternal
(mahasiswa dan masyarakat) menggunakan komputer. Sebagai insititusi
penyelengara PJJ, pelayanan eksternal dapat dikategorikan ke dalam dua
bentuk yang masing-masing adalah pelayanan yang bersifat administratif
dan akademis. Peran komputer baik piranti keras maupun piranti lunak
375