Page 357 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 357
tutorial jarak jauh melalui sambungan telepon. Konseling dipakai untuk
hal-hal yang sifatnya tidak terkait langsung dengan isi matakuliah namun
erat kaitannya dengan proses belajar mahasiswa, misalnya menghitung
waktu yang dapat dialokasikan untuk belajar secara realistis, menentu-
kan beban studi, cara belajar yang efektif, pengelolaan waktu, dan se-
bagainya. Tutorial dipakai untuk membantu proses belajar mahasiswa.
Dalam satu sesi tutorial dengan permata, ada sekurang-kurangnya 29
peserta ajar yang dapat ikut serta. Namun bila ada beberapa peserta ajar
yang bertempat tinggal saling berdekatan dan mengambil matakuliah yang
sama, mereka dapat membeli pesawat telepon yang ada speaker dan mike-
nya sehingga mereka dapat mengikuti tutorial melalui Permata secara
bersama-sama. Dengan demikian tutorial melalui telepon Permata dapat
melayani jumlah mahasiswa lebih banyak. Selain itu biaya pulsa juga
ditanggung bersama-sama sehingga menjadi lebih murah bagi mahasis-
wa. Pengelolaan kegiatan konseling dan tutorial melalui Pennata ini
sederhana, karena pengelola hanya mengatur jadwal, pemesanan alokasi
waktu dan nomor telepon di PT Telkom, penentuan tutor dan konselor,
serta pembiayaan dari kegiatan konseling dan tutorial melalui Permam.
Untuk saat ini layanan Permata baru tersedia di Jakarta dan sekitarnya.
Uji coba kegiatan konseling dan tutorial melalui Permata dapat dimulai di
Jakarta. Bila ternyata konseling dan tutorial melalui permata dapat
berkembang di Jakarta, kerja sama dengan PT Telkom dapat dirintis untuk
pengembangan di kota lain.
2. Pemanfaatan E-mail, Mailinglist, Ratron Plus, dan Fax-Internet
Keempat layanan: e-mail, mailing list, mtron plus, dan fax-Internet ju-
ga dapat dipakai untuk penyelenggaraan konseling dan tutorial elektronik
jarak-jauh. E-mail dan mailinglist dapat dimanfaatkan oleh peserta ajar
yang mempunyai akses ke Internet. Sedangkan mereka yang tidak mem-
370