Page 361 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 361

/






           kolah-sekolah  yang  berpartispasi  dalam program  ini.  Pada  tahun  1976,
           evaluasi  terhadap  kelayakan  program  ini  ternyata  menunjukkan  bahwa
           program tersebut sangat mahal dan dampak posititif yang ada tidak sig-
           nifikan.  Akhirnya,  pemerintah  mengeluarkan  kebijakan  bahwa  program
           radio  untuk pengajaran murid SD dialihkan untuk pengajaran guru SD.
           Penggunaan  radio  sebagai  media  pengajaran guru dianggap  lebih mem-
           berikan dampak positif dalam  meningkatkan kualitas  guru karena pada
           akhirnya meningkatkan prestasi belajar para muridnya.
              Kelebihan  program  radio  sebagai  media  pengajaran,  seperti  daya
           jangkau yang sangat luas, mendorong pemerintah untuk mempertahankan
           dan mengembangkan program tersebut di 11 propinsi. Kriteria yang digu-
           nakan untuk menentukan 9 propinsi terpilih (selain Yogyakarta dan  Jawa
           Tengah)  adalah  minimnya sarana dan prasarana transportasi di propinsi-
           propinsi tersebut.  Pada tahun 1979, evaluasi terhadap program ini menun-
           jukkan bahwa  73  % peserta berpartisipasi teratur sesuai jadwal. Peserta
           yang berpartisipasi secara individual ternyata belajar melalui radio lebih
           efektif dibanding  dengan  yang  belajar secara bekelompok.  Jumlah mata
           pelajaran yang  diberikan melalui  program  radio  ini  berkembang  dari  5
           jenis pada tahun  1978  menjadi 8 jenis pada tahun 1986 yang  terdiri atas
           320 program siaran radio.  Jumlah peserta mencapai 80.000 orang guru-
           guru SD.
              Dalam kenyataan,  implementasi program  radio untuk PJJ  yang  telah
           dijalankan pada kurun waktu tersebut sebenarnya tidak hanya menguna-
           kan radio. Teknologi yang memproduksi alat bantu pembelajaran seperti
           media  cetak  (bahan  ajar kertas),  slide,  dan  kaset  audio juga digunakan
           sebagai pelengkap secara terbatas. Slide dikirim ke peserta untuk diguna-
           kan dalam diskusi  kelompok  untuk  meningkatkan pemahaman terhadap
           materi yang disampaikan melalui  radio. Kaset  audio juga dikirim  ke  pe-
           serta dengan tujuan agar mereka yang tidak sempat mendengarkan radio

                                          374
   356   357   358   359   360   361   362   363   364   365   366