Page 359 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 359

SEPINTAS TENTANG PEMANFAATAN TEKNOLOGI
                                DALAM PENDIDIKAN
                            JARAK JAUH  01 INDONESIA


                                Mohamad Toha Anggoro






            Pendahuluan
              Pada saat ini, teknologi dan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) hampir tidak
           dapat dipisahkan.  Hal ini tampak jelas dari pemanfaatan berbagai piranti
            keras maupun piranti lunak yang sangat intensif untuk mendukung sistem
           PJJ. Dukungan tersebut tidak hanya pada sisi sistem administrasi, namun
           juga pada sisi sistem pelayanan akademis;  misalnya,  piranti  lunak yang
           diciptakan untuk memproduksi bahan ajar yang interaktif. Lebihjauh lagi,
           perkembangan  teknologi  informasi  dan  komunikasi  yang  sangat  pesat,
           seperti Internet,  telah membuat PJJ menjadi altematif yang sangat pros-
           pektif bagi hampir seluruh institusi pendidikan konvensional di dunia Di
           dunia perguruan tinggi, istilah dual-mode university merupakan istilah yang
           makin populer dari hari ke hari.
              Bagaimana dengan teknologi dan PJJ di Indonesia? Thlisan singkat ini
           sekedar  memberikan gambaran tentang  beberapa  butir penting  tentang
           pemanfaatan teknologi dalam sejarah pendidikan jarak jauh di Indonesia.
           Secara  kronologis,  butir-butir  penting  tersebut  dapat  dilihat  dari  segi
           perkembangan PJJ dalam periode awal atau tahun 1950-an, kemudian ta-
         '  hun 1970-an, dan tahun 1980-an sampai sekarang. Teknologi yang paling
           drastis yang  berpotensi untuk meningkatkan baik kualitas maupun kuan-
           titas  PJJ  (termasuk PJJ  di Indonesia) adalah teknologi yang sekarang  ini
           berkembang yang dikenal dengan web-based application.

                                          372
   354   355   356   357   358   359   360   361   362   363   364