Page 367 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 367

Piranti lunak berupa aplikasi yang  digunakan dalam proses pengolah
             data hampir semuanya dikembangkan oleh staf UT.  Bahasa pemograman
             yang digunakan adalah Cobol dan Foxpro. Dengan piranti dan kemampu-
            an  yang  ada  beberapa  aplikasi  yang  dikembangkan  antara  lain  adalah
             Student Record System yang antara lain terdiri atas aplikasi Data Pribadi
            (DP),  Registrasi  Matakuliah  (RM),  Registrasi  Ujian  (RU),  Registrasi
             Ujuan Ulang (RUU), dan Distribusi Bahan Ajar.
               Pada  awal  komputerisasi  bahasa pemograman yang  digunakan untuk
            pengembangan aplikasi-aplikasi tersebut adalah Cobol.  Ketika  kuantitas
            dan  kompleksitas  data  makin meningkat,  para  pengembang  aplikasi
            mengalami kesulitan jika tetap mempertahankan Cobol. Mereka kemudi-
            an beralih menggunakan  bahasa  pemograman  Foxpro  karena  Foxpro
            diangap lebih handal dalam menangani relational-database di lingkungan
            PC setelah downsizing.


            Pemanfaatan Komputer untuk  Kepentlngan Akademla
               Pemanfaatan komputer  untu  kepentingan  akademis dalam arti  untuk
            membantu mahasiswa mempelajari topik-topik yang  terdapat dalam  ba-
            han  ajar  UT masih terbatas.  Kebijakan yang  menyangkut  Belajar  Ber-
            bantuan Komputer atau Computer Asisted Instruction  (CAl) baru sebatas
            pembuatan prototipe. Bagi UT,  kebijakan menggunakan CAl sebagai ba-
            han ajar resmi baik sebagai suplemen maupun pengganti bahan ajar ce-
            tak  tampaknya  masih jauh dari kenyataan.  Meskipun demikian,  secara
            periodik UT tetap mengembangkan protipe-prototipe CAl. Piranti lunak
            yang digunakan untuk kepentingan ini adalah Authorware. Piranti lunak ini
            mudah  digunakan dan memberikan  keleluasaan  bagi pengembang  CAl
            untuk  menciptakan  bahan ajar  yang  interaktif dengan  memanfaatkan
            animasi,  gambar,  serta  suara.



                                           380
   362   363   364   365   366   367   368   369   370   371   372