Page 369 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 369

(Purbo, 1995). Internet semakin dimjnati sebagai media pendidikan kare-
            na para pengajar dapat membuat classroom homepage. Materi yang  ditam-
            pilkan pada homepage tersebut dapat berupa materi seperti materi yang
            diberikan oleh pengajar kepada perserta didik di kelas. Home dapat  berisi
            silabus, bahan ajar, latihan, tes, referensi, dan biografi pengajar (Anonim,
            1999).
               Bagaimana dengan Internet dan PJJ di Indonesia, khususnya UT?  Ke-
            tika  UT mempunyai  akses ke Internet,  langkah pertama yang dilak:ukan
            adalah  membuat  homepage  dengan  alamat:  http://www.ut.ac.id.  lsi
            homepage tersebut terdiri atas  4  kategori:  informasi,  informasi  khusus,
            alamat  website  lain di Indonesia,  fasilitas  lain,  dan pengumuman  yang
            diperbaiki secara  insidental  sesuai  kebutuhan.  Bagi  mahasiswa, fasilitas
            lain mungkin lebih berguna karena berisi informasi  tentang  fak:uJtas,  tu-
            torial,  sistem belajar,  basis data on-line.  Dalam hal  ini,  informasi  yang
            ditampilkan di  homepage  UT baru sebatas  untuk  memenuhi  kebutuhan
            akan informasi, bukan untuk menciptakan aktifitas instruksional.  Potensi
            Internet untuk pendidikan belum dimanfaatkan penuh.

               Acckermann  (1966)  menyebutkan  bahwa jika  Internet  dimanfaatkan
            untuk pengajaran, maka pada homepage paling tidak mengandung kom-
            ponen-komponen sebagai berik:ut:
            •  Informasi  tentang  matak:uliah  dan pengajar:  tujuan  instruksional,  to-
               pik-topik bahasan, buk:u teks,  cara pemberikan skor,  dan jadwal jam
               kerja  pengajar.
            •  Sarana komunikasi:  akses  E-mail, mailing list,  dan fasilitas yang me-
               mungkinkan peserta didik menuliskan problem-problem yang mereka
               hadapi sehingga merupakan semacam jurnal dari  proses  belajar  me-
               reka.

            •  Bahan ajar:  materi k:uliah dan handout yang dibuat baik dalam bentuk

                                          382
   364   365   366   367   368   369   370   371   372   373   374