Page 369 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 369
(Purbo, 1995). Internet semakin dimjnati sebagai media pendidikan kare-
na para pengajar dapat membuat classroom homepage. Materi yang ditam-
pilkan pada homepage tersebut dapat berupa materi seperti materi yang
diberikan oleh pengajar kepada perserta didik di kelas. Home dapat berisi
silabus, bahan ajar, latihan, tes, referensi, dan biografi pengajar (Anonim,
1999).
Bagaimana dengan Internet dan PJJ di Indonesia, khususnya UT? Ke-
tika UT mempunyai akses ke Internet, langkah pertama yang dilak:ukan
adalah membuat homepage dengan alamat: http://www.ut.ac.id. lsi
homepage tersebut terdiri atas 4 kategori: informasi, informasi khusus,
alamat website lain di Indonesia, fasilitas lain, dan pengumuman yang
diperbaiki secara insidental sesuai kebutuhan. Bagi mahasiswa, fasilitas
lain mungkin lebih berguna karena berisi informasi tentang fak:uJtas, tu-
torial, sistem belajar, basis data on-line. Dalam hal ini, informasi yang
ditampilkan di homepage UT baru sebatas untuk memenuhi kebutuhan
akan informasi, bukan untuk menciptakan aktifitas instruksional. Potensi
Internet untuk pendidikan belum dimanfaatkan penuh.
Acckermann (1966) menyebutkan bahwa jika Internet dimanfaatkan
untuk pengajaran, maka pada homepage paling tidak mengandung kom-
ponen-komponen sebagai berik:ut:
• Informasi tentang matak:uliah dan pengajar: tujuan instruksional, to-
pik-topik bahasan, buk:u teks, cara pemberikan skor, dan jadwal jam
kerja pengajar.
• Sarana komunikasi: akses E-mail, mailing list, dan fasilitas yang me-
mungkinkan peserta didik menuliskan problem-problem yang mereka
hadapi sehingga merupakan semacam jurnal dari proses belajar me-
reka.
• Bahan ajar: materi k:uliah dan handout yang dibuat baik dalam bentuk
382