Page 373 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 373

Penutup
              Pemanfaatan  teknologi  dalam pendidikan jarak jauh di  Indonesia da-
           pat dilihat dalam beberapa kurun wakru.  Kurun waktu:  1950-an ditandai
           dengan korespondesi, kemudian dalan1 kurun waktu 1970-an, 1980-an, dan
           1990-an masing-masing ditandai dengan penggunaan radio, komputer, dan
           Internet.  Di era 1980-an ke  atas,  kecepatan  perkembangan kemampuan
           untuk memanfaatkan teknologi komunikasi (komputer dan Internet) tidak
           dapat  mengimbangi  kecepatan  perkembangan  teknologi  itu  sendiri.
           Pemanfaatan teknologi (baik piranti keras maupun Junak) yang ada masih
           lebih banyak diperuntukkan untuk mendukung pelayanan administratif dan
           masih sangat minimal digunakan untuk mendukung pelayanan akademis.


           Daftar Pustaka
           Anonim. 1999. Guide #12: Distance education and WWW [online]. URL:
                http://www.uidaho.edu/ evo/ dist12.html.
           Hardhono,  A.P.  (1995).  Tantangan dan kesempatan pelayanan aklldemis
                bagi malzasiswa Universitas Terbukll.  Makalah disampaikan pada Dis-
                kusi  Terbuka  tentang  Tantangan  dan  Kesempatan  Pelayanan
                Akademik.  Lembaga Penelitian Universitas Terbuka.
           Purbo, 0. W.  (1996). Internet sebagai media pendidikanjarakjauh. Kom-
               pas, 29 Februari 1996.
           Setijadi.  (1996).  Distance education in Indonesia.  Dalam Distance Edu-
                cation in Asia and the  Pasific,  vol  II. Manila:  Asian  Development
                Bank.











                                          386
   368   369   370   371   372   373   374   375   376   377   378