Page 373 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 373
Penutup
Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan jarak jauh di Indonesia da-
pat dilihat dalam beberapa kurun wakru. Kurun waktu: 1950-an ditandai
dengan korespondesi, kemudian dalan1 kurun waktu 1970-an, 1980-an, dan
1990-an masing-masing ditandai dengan penggunaan radio, komputer, dan
Internet. Di era 1980-an ke atas, kecepatan perkembangan kemampuan
untuk memanfaatkan teknologi komunikasi (komputer dan Internet) tidak
dapat mengimbangi kecepatan perkembangan teknologi itu sendiri.
Pemanfaatan teknologi (baik piranti keras maupun Junak) yang ada masih
lebih banyak diperuntukkan untuk mendukung pelayanan administratif dan
masih sangat minimal digunakan untuk mendukung pelayanan akademis.
Daftar Pustaka
Anonim. 1999. Guide #12: Distance education and WWW [online]. URL:
http://www.uidaho.edu/ evo/ dist12.html.
Hardhono, A.P. (1995). Tantangan dan kesempatan pelayanan aklldemis
bagi malzasiswa Universitas Terbukll. Makalah disampaikan pada Dis-
kusi Terbuka tentang Tantangan dan Kesempatan Pelayanan
Akademik. Lembaga Penelitian Universitas Terbuka.
Purbo, 0. W. (1996). Internet sebagai media pendidikanjarakjauh. Kom-
pas, 29 Februari 1996.
Setijadi. (1996). Distance education in Indonesia. Dalam Distance Edu-
cation in Asia and the Pasific, vol II. Manila: Asian Development
Bank.
386