Page 368 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 368

LAN dan Internet: Teknologi dan  PJJ Indonesia 1990-an
        1.  Jaringan atau LAN
           Sebagai  suatu  institusi  penyelenggara  sistem  PJJ,  keberadaan  'unit-
        unit' di UT sebagai suatu subsitem sagat tergantung satu sama lain. Con-
        toh  yang  nyata  dalam  hal  ini  adalah  keterkaitan  antara  unit  Registrasi,
        Pusat Komputer, dan Pusat Pengujian. Data peserta ujian tergantung pada
        data  Registrasi  dan  konfirmasi  keberadaan  data  tersebut  hanya  dapat
        diverivikasi  oleh  Pusat  Komputer.  Secara fisik,  keberadaan  ketiga  unit
        tersebut  berjauhan  karena  masing-masing  terletak  di  gedung  yang  ber-
        beda.  Gagasan  untuk  membangun Local Area Network  (LAN)  akhirnya
        direaliasikan oleh UT pada tahun 1992 agar transaksi data yang terdapat
        di  lokasi  yang  berbeda  tersebut  dapat  berjalan  secara  efisien.  Dengan
        teknologi  LAN,  server di  Pusat Komputer dapat berkomunikasi dengan
        beberapa PC  atau  workstation yang  tersebar di beberapa gedung dengan
        menggunakan perangkat keras Ethernet dan saluran penghubung thick coax.
        Pada  tahun  1999  jumlah  workstation  yang  terkokenksi  ke  LAN  UT
        mencapai  164.  Ketika  kecepatan  transfer data  dianggap  sangat penting,
        beberapa gedung vital seperti  Komputer,  Pengujian,  dan Rektorat dihu-
        bungkan dengan saluran penghubung serat optik yang mampu mentrans-
        fer data dengan kecepatan 100 Mbps.



        2.  Internet
           UT mempunyai akses ke Internet  setelah LAN UT terbentuk. Tekno-
        logi  Internet  berserta  berbagai  aplikasi  yang  semakin  hari  semakin
        berkembang  memberikan  peluang  dan  tantangan  bagi  UT  untuk  me-
        ningkatkan  pelayanan  akademis  (Hardhono, 1995).  Karakteristik  utama
        Internet, yakni menjembatani komunikasi antara berbagai pihak yang be-
        bas  dari kendala  ruang  dan waktu,  memberikan keyakinan pada banyak
        pihak bahwa Internet dapat berfungsi sebagai media pendidikan jarak jauh

                                      381
   363   364   365   366   367   368   369   370   371   372   373