Page 168 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 168
guru bina, dan guru pamong.
7. Sejumlah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru bina dan guru
pamong yang telah terlatih dan mempunyai pengalaman dalam
mengelola pelaksanaan SLTP Terbuka yang terdapat pada 3. 773 lokasi.
Mereka ini merupakan modal yang berharga dalam penyebarluasan
SLTP Terbuka.
8. Sebuah tim pengembang bahan belajar yang meliputi tim penulis, tim
pengkaji materi, tim pengembang instruksional yang telah terlatih dan
mempunyai pengalaman dalam mengembangkan bahan belajar untuk
pendidikanjarakjauh atau pendidikan terbuka.
9. Berbagai pola kegiatan belajar mengajar SLTP Terbuka. Pola-pola ini
telah berkembang di berbagai lokasi SLTP Terbuka sesuai dengan
kondisi dan tersedianya sumber belajar di lokasi bersangkutan. Pola-
pola ini setelah dimantapkan akan dapat digunakan oleh lokasi
penyebaran yang kondisinya sama.
10. Berdasarkan laporan yang masuk sebanyak 956 lokasi SLTP Terbuka
yang telah berhasi melaksanakan sistem tersebut dan meluluskan
siswanya tahun ajaran 1998/1999. Sedangkan jumlah lokasi SLTP
Terbuka saat ini sebanyak 3773 lokasi yang tersebar di 27 propinsi.
Disamping itu ada sejumlah SLTP Terbuka yang dibuka oleh Pemerintah
Daerah seperti di DKI Jakarta.
11. Laporan basil evaluasi dan monitoring serta hasil rapat-rapat koor-
dinasi yang dapat dijadikan acuan dalam menentukan kebijakan-
kebijakan lebih lanjut dalam pengembangan dan penyebaran SLTP
Terbuka.
Hambatan dan Kesulitan yang dlhadapi SLTP Terbuka
Pengalama dalam menyelenggarakan SLTP Terbuka selama hampir
20 tahun menunjukkan bahwa banyak hambatan dan kesulitan yang diha-
167