Page 163 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 163
katkan kemampuan dan keterampilan peserta didik, sesuai dengan
tuntutan kebutuhan pembangunan yang berwawasan budaya dan
lingkungan, yang selanjutnya akan meningkatkan mutu sumberdaya
manusia dan masyarakat Indonesia. Dalam kerangka itulah Presiden
telah mengarahkan agar pembangunan pendidikan diprioritaskan pada
pembangunan sumberdaya manusia, dengan fokus penuntasan Wajar
Dikdas. Hal itu juga dikaitkan dengan usaha menunjang program pe-
ningkatan kesejahteraan rakyat dan pengentasan kemiskinan.
• SLTP Terbuka diyakini sebagai alternatif yang potensial untuk mem-
bantu mensukseskan Wajar Dikdas karena selain sifatnya yang luwes,
dapat dibuka dengan cara relatif lebih cepat karena dapat mendayagu-
nakan sumber-sumber yang ada (ruang belajar dan guru), juga terbukti
telah memberikan basil memadai. SLTP Terbuka telah teruji mampu
memberikan pendidikan tingkat SLTP kepada anak-anak lulusan SD/
MI, mengantarkan mereka hingga kelas terakhir, berhasil dalam EB-
TA dan EBTANAS, memperoleh ijazah SLTP dan dapat melanjutkan
ke jenjang pendidikan selanjutnya.
• Pengakuan The Commonwealth of Learning dan UNESCO terhadap
SLTP Terbuka sebagai salah satu sistem pendidikan terbuka pada jen-
jang SLTP yang berhasil, telah memperkuat keyakinan kita bahwa sis-
tern ini layak dipercaya untuk ikut menuntaskan Wajar Dikdas.
Sebagaimana telah disebutkan di atas bahwa lokasi SLTP Terbuka sa-
at ini sebanyak 3773 lokasi yang tersebar di 27 propinsi di seluruh Indo-
nesia. Pada setiap lokasi SLTP Terbuka banyak melibatkan berbagai pi-
hak, yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru Bina, Guru
Parnong, Guru Parnong Khusus, Guru Bimbingan dan Penyuluhan (BP),
dan tenaga adrninistrasi.
162