Page 165 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 165

berperan sebagai fasilitator yang  menjaga agar para siswa SLTP Ter-
               buka benar-benar belajar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
               di TKB. Guru Pcunong tidak mengajar karena mereka tidalc mempun-
               yai  kewenangan  untuk  mengajar  eli  tingkat  SLTP,  melainkan  hanya
               memberikan tuntunan  serta  dorongan  manakala  siswa  mengalami
               kesulitan dalam  belajamya.  Bila guru pamong  sendiri  tidak  dapat
               mengatasi kesulitan siswa,  mereka alcan  melaporkannya kepada guru
               bina  yang  bersangkutan agar kesulitan  tersebut dapat ditangani  oleh

               guru bina pada pertemuan tatap muka. Dalam menunjuk guru pamong,
               prioritas  diberikan  kepada  mereka  yang  memiliki  sertifikat  serta
               berpengalaman mengajar di SD. Meskipun demikian tokoh masyarakat,

               tenaga pendidikan non formal,  mahasiswa dan lain-lain yang  mampu
               dan bersedia membimbing siswa bela  jar di TKB dapat diangkat menjadi
               Guru Pamong. Pada saat ini jumlah guru pamong sebanyak 9. 721 orang
               terdapat di 3. 773 SLTP Terbuka. Pada umumnya mereka adalah Kepala
               dan guru SD dengan Jatar belakang pendidikan Diploma 2 (47%) dan
               SPG 53%.
            5.  Guru Pamong Khusus adalah anggota masyarakat yang  mempunyai
               keterampilan khusus,  keahlian atau  pengetahuan yang  tidak  terdapat
               dalam  kurikulum  SLTP  namun  berguna  bagi  siswa  dan  masyarakat
               sekitamya. Keahlian tersebut meliputi bidang keagamaan, olahraga dan
               kesehatan, kerajinan tangan dan kesenian, serta muatan lokallainnya.
               Guru Pamong Khusus dapat seorang tokoh keagamaan,  seorang atlit/
               pembina  olahraga,  seniman,  pengrajin,  pemilik  salon  kecantikan,
               pedagang,  atau  seorang  profesional  dengan  keahlian  tertentu  yang
               bersedia membantu perkembangan siswa SLTP Terbuka.
            6.  Guru Bimbingan dan Penyuluhan (Guru BP) yang ada di SLTP induk
               dengan  sendirinya  menjadi  guru  BP di  SLTP  Terbuka.  Namun  hila
               tambahan tugas di  SLTP Terbuka terlalu memberatkan tugas  bagi gu-

                                           164
   160   161   162   163   164   165   166   167   168   169   170