Page 165 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 165
berperan sebagai fasilitator yang menjaga agar para siswa SLTP Ter-
buka benar-benar belajar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
di TKB. Guru Pcunong tidak mengajar karena mereka tidalc mempun-
yai kewenangan untuk mengajar eli tingkat SLTP, melainkan hanya
memberikan tuntunan serta dorongan manakala siswa mengalami
kesulitan dalam belajamya. Bila guru pamong sendiri tidak dapat
mengatasi kesulitan siswa, mereka alcan melaporkannya kepada guru
bina yang bersangkutan agar kesulitan tersebut dapat ditangani oleh
guru bina pada pertemuan tatap muka. Dalam menunjuk guru pamong,
prioritas diberikan kepada mereka yang memiliki sertifikat serta
berpengalaman mengajar di SD. Meskipun demikian tokoh masyarakat,
tenaga pendidikan non formal, mahasiswa dan lain-lain yang mampu
dan bersedia membimbing siswa bela jar di TKB dapat diangkat menjadi
Guru Pamong. Pada saat ini jumlah guru pamong sebanyak 9. 721 orang
terdapat di 3. 773 SLTP Terbuka. Pada umumnya mereka adalah Kepala
dan guru SD dengan Jatar belakang pendidikan Diploma 2 (47%) dan
SPG 53%.
5. Guru Pamong Khusus adalah anggota masyarakat yang mempunyai
keterampilan khusus, keahlian atau pengetahuan yang tidak terdapat
dalam kurikulum SLTP namun berguna bagi siswa dan masyarakat
sekitamya. Keahlian tersebut meliputi bidang keagamaan, olahraga dan
kesehatan, kerajinan tangan dan kesenian, serta muatan lokallainnya.
Guru Pamong Khusus dapat seorang tokoh keagamaan, seorang atlit/
pembina olahraga, seniman, pengrajin, pemilik salon kecantikan,
pedagang, atau seorang profesional dengan keahlian tertentu yang
bersedia membantu perkembangan siswa SLTP Terbuka.
6. Guru Bimbingan dan Penyuluhan (Guru BP) yang ada di SLTP induk
dengan sendirinya menjadi guru BP di SLTP Terbuka. Namun hila
tambahan tugas di SLTP Terbuka terlalu memberatkan tugas bagi gu-
164