Page 169 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 169
dapi dalam melaksanakan sistem SLTP Terbuka. Namun hambatan dan
kesulitan itu sedikit demi sedikit dapat teratasi. Pengalaman dalam
mengatasi kesulitan ini kiranya dapat dijadikan pelajaran yang berharga
supaya penyelenggaraan SLTP Terbuka selama penyebaran lebih lanjut
dapat lebih baik dan lebih lancar. Hambatan dan kesulitan itu adalah seba-
gai berikut:
1. Kesulitan dalam penyed.iaan bahan belajar tepat pada waldunya.
Kurangnya jumlah penulis yang berpengalaman telah menyebabkan
kurang lancarnya penulisan modul dan penulisan naskah program me-
dia lainnya. Ketentuan dan peraturan yang berlaku juga menghambat
kelancaran proses produksi dan reproduksi program. Akibat dari
semua itu bahan belajar yang diperlukan untuk belajar terlambat
sampainya dilokasi.
2. Kesulitan yang dihadapi Kepala Sekolah dalam melaksanakan SLTP
Terbuka, karena bahan belajar terlambat sampai d.i sekolah. Sis-
wa SLTP Terbuka pada prinsipnya diharapkan dapat belajar dengan
bantuan seminimal mung kin dari gurunya. Karena itu dalam sistem
SLTP Terbuka bahan belajar mandiri itu merupakan komponen yang
sangat penting. Bila bahan belajar itu terlambat datang dilokasi akan
sangat sulit bagi Kepala Sekolah untuk mengatur pelaksanaan kegiat-
an pembelaja~an. Hal tersebut hanya dapat diatasi bila Kepala Seko-
lah mempunyai rasa tanggung jawab, penuh kreatif dan mendapat
dukungan dan bantuan sepenuhnya dari para guru dan anggota ma-
syarakat.
3. Perlu adanya koord.inasi yang mantap dalam pengelolaan SLTP
Terb.uka. Karena SLTP Terbuka dikelola oleh beberapa pihak, perlu
adanya koordinasi yang baik dalam menyelenggarakan SLTP Terbu-
ka. Koordinasi tersebut selama ini telah berjalan dengan baik. Tetapi
karena pihak-pihak yang terkait itu masing-masing mempunyai tugas-
168