Page 96 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 96
2. Pendidikan Terbuka dan Keadilan Sosial
barang, yang dilepaskan dari hak kebendaan atau property
rights tertentu (Ostrom, 2015). Dalam hal ini meskipun ilmu
pengetahuan tersebut merupakan jenis barang ekonomi yang
memiliki nilai ekonomi namun tidak dimasukkan dalam lalu
lintas perdagangan hak kebendaan (property rights) dibawah
prinsip hak kekayaan intelektual. Ilmu pengetahuan sebagai
common pool researches diletakkan dalam perspective hak
Pribadi dan sekaligus sebagai hak publik (Charlotte Hess and
Elinor Ostrom ed., 2007).
Penguasaan dan kepemilikan bersama dapat diatur dan
dikelola dengan baik secara lokal sebagai contoh taman atau
perpustakaan komunitas; secara lintas batas seperti sungai
atau laut yang melintasi batas negara, satwa yang bermigrasi,
dan tentunya Internet; atau secara tanpa batas yang jelas,
seperti ilmu pengetahuan, lapisan ozon, atmosfir dll. Kajian
terkait commons dalam perkembangannya membedakan
antara commons sebagai sumber daya atau sistem sumber
daya dan commons sebagai rezim hak kebendaan (property
rights) (Ostrom, 2015).
Kepemilikan atas barang bersama atau common pool resources
merupakan pengaturan barang ekonomi yang berbeda dengan
hak hukum kepemilikan (private property) sedangkan common
property adalah rezim hukum dengan seperangkat hak hukum
sebagai miliki bersama. selanjutnya yang akan dibahas dalam
artikel ini adalah terkait dengan ilmu pengetahuan sebagai
common pool resources. Istilah yang lebih umum untuk
menggambarkan kompleksitas dan variabilitas tata kelola ilmu
pengetahuan dan informasi sebagai sumber daya bersama
melalui apa yang disebut sebagai Knowledge Commons.
Knowledge Commons dapat terdiri dari beberapa jenis
produk intelektual dan berbagai konsep yang memiliki banyak
karakteristik didalam kerangka “commons”.
87