Page 133 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 133
122 ~ Antologi CPNS ~
pengalaman mahasiswa dalam mengaplikasikan teori yang dipelajari selama
melakukan kuliah melalui suatu eksperimen ilmiah. Adanya laboratorium
sains ini juga dapat menjadi fondasi awal bagi Universitas Terbuka untuk
membuka penyelenggaraan pendidikan pada bidang ilmu sains lainnya,
seperti kimia dan fisika, serta untuk menyediakan fasilitas laboratorium
penelitian tesis untuk mahasiswa bidang ilmu magister sains.
Salah satu kendala yang dapat kita antisipasi adalah kualitas mahasiswa
sarjana UT yang sangat bervariasi dikarenakan UT menerima seluruh siswa
lulusan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan atau yang sejenisnya tanpa
melalui proses seleksi. Hal ini dapat menyebabkan kurang optimalnya
pelaksanaan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dikarenakan
pelaksanaan penelitian pada bidang sains memerlukan komitmen dan
kompetensi akademis yang relatif tinggi. Salah satu solusi atas persoalan ini
adalah dengan memberikan beasiswa atau tahapan seleksi bagi mahasiswa
yang memiliki minat dan bakat di bidang sains. Selanjutnya memiliki indeks
prestasi akademik yang sangat baik sehingga mahasiswa tersebut diberikan
kesempatan untuk melakukan penelitian pada laboratorium universitas.
KORELASI PENGELOLAAN LABORATORIUM SAINS SERTA KEWIBAWAAN
AKADEMIK UNIVERSITAS TERBUKA
Dalam menyelenggarakan praktikum dan penelitian pada laboratorium
secara mandiri, diperlukan pengelolaan yang baik agar kegiatan akademik
pada universitas dapat berjalan dengan optimal dan berkelanjutan. Pada
pengelolaan laboratorium tersebut, bukan hanya infrastruktur fisik yang
perlu dipersiapkan, tetapi juga hal penunjang seperti sumber daya manusia
beserta regulasi pada tingkat institusi atau lembaga. Beberapa contoh hal
esensi yang relevan dengan pengelolaan laboratorium adalah peralatan lab
yang lengkap, tersedianya laboran dengan kompetensi yang memadai,
beserta regulasi institusi yang memberikan beban kerja kepada akademisi
UT yang bersifat proporsional antara pekerjaan administratif pada
penyelenggaraan pendidikan jarak jauh dengan penelitian bidang ilmu.
Sebagai satu-satunya institusi PTTJJ di Indonesia, tentu tugas utama
Universitas Terbuka adalah untuk mengelola pendidikan jarak jauh dan
tugas ini selalu dilaksanakan semenjak berdirinya UT di tahun 1984.
Pemahaman dan pelaksanaan berbagai jenis kegiatan pengelolaan dan
administratif pada institusi PTTJJ merupakan kompetensi yang wajib dimiliki