Page 134 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 134

~ Perspektif Milenial: Pendidikan Jarak Jauh ~  123


               o l e h   s e l u r u h   d o s e n   m  a u p u n   t e n a g a   a k a d e m  i k   d i   l i n g k u n g a n   U n i v e r s itas
               Terbuka.  Namun,  seiring  dengan  perkembangan  zaman,  kewibawaan
               akademik pada suatu institusi pendidikan tinggi juga dapat memengaruhi
               persepsi  masyarakat  terhadap  kampus  tersebut.  Terutama  pada  era
               informasi terbuka saat ini, masyarakat dapat dengan mudah mencari dan
               memperoleh  informasi  secara  komprehensif  mengenai  peringkat,  proses
               pembelajaran, profil lulusan, dan produk akademik pada setiap universitas.
                   Saat ini terdapat berbagai lembaga independen yang mempublikasikan
               urutan   atau   ranking   pada   seluruh   universitas   di   dunia
               (https://www.timeshighereducation.com dan http://webometrics.info/ en)
               sehingga  masyarakat  umum  dapat  mengetahui  kualitas  pendidikan
               Universitas  Terbuka  dibandingkan  dengan  kampus  lain  di  Indonesia.
               Semakin tinggi peringkat institusi maka akan semakin baik citra  l e m b a g a
               tersebut  di  kalangan  masyarakat.  Publikasi  mengenai  peringkat  seluruh
               universitas  di  Indonesia  inilah  yang  menjadi  tantangan  besar  bagi
               Universitas Terbuka karena komparasi tersebut dilakukan terhadap semua
               institusi pendidikan tinggi yang tidak menyelenggarakan pendidikan jarak
               jauh.  Hal  yang  menjadi  perbedaan  utama  antara  Universitas  Terbuka
               dengan institusi perguruan tinggi lainnya adalah adanya tugas tambahan
               yang  dimiliki  UT  untuk  mengelola  kegiatan  operasional  pendidikan  jarak
               jauh  di  luar  dari  kewajiban  melaksanakan  tridarma  pendidikan  tinggi
               sehingga beban kerja yang dimiliki oleh semua akademisi UT tidak hanya
               pada  aspek  pendidikan,  penelitian,  dan  pengabdian  kepada  masyarakat,
               tetapi  juga  pada  kewajiban  administratif  dalam  pengelolaan  dan
               penyelenggaraan  PJJ.  Adanya  laboratorium  sains  dapat  menjadi  batu
               loncatan Universitas Terbuka dalam menciptakan Centre of Excellence pada
               seluruh bidang ilmu sehingga kewibawaan akademik dalam bentuk produk
               hasil penelitian, proses pembelajaran, serta kualitas lulusan dapat dirasakan
               secara langsung oleh masyarakat umum.


               BIOINFORMATICS:  ALTERNATIF  PENELITIAN  BIOLOGI  PTTJJ  DAN
               UNIVERSITAS TERBUKA


                   Bila kita kembali kepada topik mengenai laboratorium sains, terdapat
               alternatif  pelaksanaan  penelitian  yang  tidak  memerlukan  laboratorium
               secara fisik (wet lab) dalam skala besar. Istilah ini dikenal sebagai dry lab,
               yaitu  eksperimen  dilakukan  pada  suatu  perangkat  komputasi  seperti
   129   130   131   132   133   134   135   136   137   138   139