Page 103 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 103
90 ~ Antologi CPNS ~
adalah bagaimana memulai dan menikmati setiap langkah dari proses yang
dijalani.
Perubahan tak mungkin hadir dengan berdiam diri, perubahan hadir
dari tekad dan kekuatan hati yang berwujud langkah mula realisasi. Sejarah
telah banyak bercerita tentang perubahan, perubahan yang dilakukan
subjek di masa lalu. Mungkin kita tahu tentang kenabian yang terukir indah
dalam bingkai sejarah keagamaan, manusia suci yang menyebarkan firman
Tuhan dalam pergumulan masyarakat tanpa nilai ketuhanan. Sosok nabi
berhasil mengangkat derajat umatnya dalam kurun waktu berbeda sesuai
zaman, namun tidak sedikit yang harus berakhir tercabik di tangan umatnya
sebagai lawan. Cemooh hingga ancaman pembunuhan adalah harga yang
harus dibayar untuk sebuah perubahan, hal yang belum pasti namun
diyakini sebagai sebuah kebenaran, dipertahankan walau nyawa adalah
taruhan. Memang miris, namun itulah harga yang setimpal yang dicatatkan
dalam sejarah perubahan. Memulai kemudian terus melangkah maju hingga
sudah tidak ada lagi daya untuk melangkah. Terus bergerak hingga sudah
tidak ada lagi ruang untuk bergerak.
Dalam dimensi kehidupan, ada banyak bingkai yang dapat diisi untuk
sebuah perubahan. Hal yang bahkan belum pasti, namun menurut
keyakinan harus tetap diperjuangkan. Dalam dunia pendidikan modern
misalnya, sesuatu yang dianggap mustahil dan tidak mungkin kemudian
bermetamorfosis menjadi tren baru yang kekinian. Saat diperhadapkan
pada sebuah kondisi, tadinya jadi cemooh kemudian berubah indah pujian.
Menelisik kembali sejarah beberapa dekade sebelumnya pembelajaran
dengan metode pendidikan terbuka dan jarak jauh dianggap hal yang
mustahil. Hal yang masih asing kemudian dijustifikasi tidak akan berhasil
oleh beberapa kalangan.
Sebagaimana sebuah ungkapan, mustahil berbuah hasil kini dihadirkan
oleh Universitas Terbuka. Universitas yang berdiri pada tanggal 4 September
1984, berdasarkan Keputusan Presiden No. 41 tahun 1984
(https://www.ut.ac.id/sejarah-ut). Kemudian hadir sebagai raksasa baru
dalam dunia pendidikan tinggi di Indonesia. Universitas Terbuka y a n g
kemudian dikenal dengan UT merupakan Universitas Negeri ke-45 yang ada
di Indonesia. Mengusung metode pendidikan jarak jauh dan terbuka
pertama di Indonesia, UT berhasil bermetamorfosis menjadi salah s a t u
kampus besar dan memiliki nama. Jika merujuk pada pendidikan di
Indonesia sendiri, pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh merupakan