Page 100 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 100
86 ~ Antologi CPNS ~
dan platform dalam digital learning yang terintegrasi dalam menyikapi
perkembangan teknologi dalam pendidikan, mahasiswa UT yang saat i n i
didominasi oleh generasi milenial, dan Revolusi Industri 4.0. Impian UT
menjadi kampus siber akan menjadikan UT berbasis teknologi informasi,
mulai dari sistem pembelajaran, kurikulum, bahan ajar, pelayanan, hingga
evaluasi belajar.
EPILOG
UT hadir bagi mereka yang tidak mempunyai kesempatan
menyelesaikan studinya di perguruan tinggi karena adanya hambatan,
seperti faktor demografi, ekonomi, dan geografi. Pengalaman Universitas
Terbuka dalam mengelola sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh
sangat baik dari segi kuantitas dan kualitas. Akibatnya, Universitas Terbuka
menjadi acuan bagi institusi-institusi lain di Indonesia yang akan dan sedang
menyelenggarakan pendidikan tinggi melalui sistem terbuka dan jarak jauh.
Berdasarkan hal tersebut, Universitas Terbuka harus selalu mengoptimalkan
kualitas dosennya hingga pelayanannya. Kualifikasi dosen yang meliputi
pengorganisasian materi pembelajaran, pengembangan program studi dan
institusi, pengembangan dan penyiapan bahan ajar, pemberian layanan
bantuan belajar, mengembangkan sistem dan pelaksanaan evaluasi hasil
belajar harus terus ditingkatkan. Dengan pengalaman penyelenggaraan
pendidikan terbuka dan jarak jauh (PTJJ) hingga 36 tahun, UT memiliki
komitmen untuk tetap memberikan akses terhadap ilmu pengetahuan yang
berkualitas kepada seluruh lapisan masyarakat yang ingin meningkatkan
kapasitas dan kompetensinya sesuai dengan perkembangan teknologi dan
situasi terkini.