Page 100 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 100

86  ~ Antologi CPNS ~


          dan  platform  dalam  digital  learning  yang  terintegrasi  dalam  menyikapi
          perkembangan  teknologi  dalam  pendidikan,  mahasiswa  UT  yang  saat  i n i
          didominasi  oleh  generasi  milenial,  dan  Revolusi  Industri  4.0.  Impian  UT
          menjadi  kampus  siber  akan menjadikan  UT  berbasis  teknologi  informasi,
          mulai dari sistem pembelajaran, kurikulum, bahan ajar, pelayanan, hingga
          evaluasi belajar.

          EPILOG


             UT  hadir  bagi  mereka  yang  tidak  mempunyai  kesempatan
          menyelesaikan  studinya  di  perguruan  tinggi  karena  adanya  hambatan,
          seperti faktor demografi, ekonomi, dan geografi. Pengalaman Universitas
          Terbuka dalam mengelola sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh
          sangat baik dari segi kuantitas dan kualitas. Akibatnya, Universitas Terbuka
          menjadi acuan bagi institusi-institusi lain di Indonesia yang akan dan sedang
          menyelenggarakan pendidikan tinggi melalui sistem terbuka dan jarak jauh.
          Berdasarkan hal tersebut, Universitas Terbuka harus selalu mengoptimalkan
          kualitas  dosennya  hingga  pelayanannya.  Kualifikasi  dosen  yang  meliputi
          pengorganisasian materi pembelajaran, pengembangan program studi dan
          institusi,  pengembangan  dan  penyiapan  bahan  ajar,  pemberian  layanan
          bantuan  belajar,  mengembangkan  sistem  dan  pelaksanaan  evaluasi  hasil
          belajar  harus  terus  ditingkatkan.  Dengan  pengalaman  penyelenggaraan
          pendidikan  terbuka  dan  jarak  jauh  (PTJJ)  hingga  36  tahun,  UT  memiliki
          komitmen untuk tetap memberikan akses terhadap ilmu pengetahuan yang
          berkualitas  kepada  seluruh  lapisan  masyarakat  yang  ingin  meningkatkan
          kapasitas dan kompetensinya sesuai dengan perkembangan teknologi dan
          situasi terkini.
   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104   105