Page 97 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 97

~ Perspektif Milenial: Pendidikan Jarak Jauh ~   83



               ada  pula  yang  mengurus  rumah  tangga.  Segala  jenis  apa  pun  kelompok
               sosial dapat menikmati studi di kampus ini.
                   Sistem pendidikan jarak jauh di Indonesia telah diterapkan sejak tahun
               1950-an. Pendidikan jarak jauh mengandung pengertian adanya jarak antara
               yang  belajar  dan  yang  mengajar.  Jarak  tersebut  dapat  diatasi  dengan
               penggunaan  media  pembelajaran.  Dengan  berkembangnya  teknologi,
               pendidikan jarah jauh di Indonesia semakin menggeliat. Sistem pendidikan
               yang  bersifat  tatap  muka  atau  langsung  dirasa  tidak  lagi  mampu
               mengakomodasi kebutuhan pendidikan dan sumber daya manusia terdidik.
               Oleh karena itu, metode pendidikan jarak jauh mampu mereduksi kendala
               yang  bersifat  geografis  (seperti  jarak),  demografis  (seperti  usia),  dan
               ekonomis (seperti biaya).
                   Universitas Terbuka pun memiliki karakteristik dengan perguruan tinggi
               lain. Proses pengajaran terjadi secara terpisah dari proses belajar sehingga
               komunikasi  antara  tenaga  pengajar  dan  siswa  harus  difasilitasi  melalui
               bahan  cetak,  media  elektronik,  dan  media  lainnya.  Keterpisahan  ini
               menyebabkan  terjadinya  perilaku  siswa  dan  pengajar  yang  spesifik  dan
               khusus jika dibandingkan dengan perilaku siswa dan pengajar pada sistem
               pendidikan konvensional.
                   Mahasiswa dalam pendidikan jarak jauh menempatkan dirinya sebagai
               fokus dari segala proses belajar. Mahasiswa berinisiatif dan bertanggung
               jawab terhadap pengelolaan proses belajarnya, mereka dapat menentukan
               apa yang akan dipelajari, mereka dapat belajar di mana saja, kapan saja,
               dengan cara bagaimana saja, menggunakan apa saja, dan mereka sendiri
               dapat  mengukur  kinerja  mereka  bilamana  diperlukan  dan  dikehendaki.
               Selain  dari  aspek  mahasiswa,  dosen  dalam  pendidikan  jarak  jauh  selain
               melakukan tridarma perguruan tinggi (pendidikan/pengajaran, penelitian,
               dan  pengabdian  masyarakat)  juga  mendapatkan  pekerjaan  berupa  unsur
               penunjang lainnya yang sangat banyak dan bersifat administratif, seperti
               Pengelolaan Unit Pengelolaan Teknis Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPT
               UPBJJ).  Dengan  demikian,  karakteristik  tersebutlah  yang  membedakan
               Universitas Terbuka dengan perguruan tinggi lainnya, baik dari segi budaya
               organisasi, mahasiswanya, maupun pengajarnya.
                   Sistem pendidikan terbuka dan sistem pendidikan jarak jauh menjadi
               populer di Indonesia dengan didirikannya Universitas Terbuka pada tahun
               1984  yang  dapat  menjangkau  pendidikan  tinggi  bagi  semua  masyarakat
               hingga  ke  pelosok  daerah.  UT  merupakan  suatu  tonggak  sejarah
   92   93   94   95   96   97   98   99   100   101   102