Page 93 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 93
~ Perspektif Milenial: Pendidikan Jarak Jauh ~ 79
dengan adanya tuweb yang tidak membutuhkan biaya transportasi. Biaya
transportasi yang biasanya dikeluarkan, bisa digunakan untuk pembelian
kuota. Berbagai sharing pengalaman, tutor, dan mahasiswa menginginkan
semester selanjutnya tetap dilakukan tuweb. Mungkin ketika sudah tidak
pandemi, tuweb juga disertai dengan tatap muka atau blended, kata
mahasiswa dan tutor. Akhirnya, mahasiswa menjadi nyaman dengan
layanan tutorial dengan modus tuweb.
EPILOG
Layanan bantuan belajar mahasiswa UPBJJ-UT Semarang pada masa
pandemi mengalami transformasi. Dari yang semula menggunakan tutorial
tatap muka yang kegiatannya terpusat pada kelas nyata, kini diganti dengan
kelas-kelas virtual dengan menggunakan tuweb. Dengan adanya tuweb,
mahasiswa dan tutor dapat melakukan aktivitas dari tempatnya masing-
masing dan terhubung dengan internet. Perubahan layanan belajar tersebut
pada awal-awalnya menimbulkan riak kecil dari mahasiswa dan tutor TTM.
Mempelajari materi sekaligus teknologi dalam waktu bersamaan dan
“instan” membuat sebagian besar merasa tidak siap. Seiring dengan
berjalannya waktu, kekhawatiran tidak bisa menyesuaikan modus baru pun
lenyap dengan banyaknya kisah seru. Pengalaman pertama yang berkesan
bagi semua pihak yang terlibat. Bahkan di akhir tuweb, beberapa t u t o r
bersyukur bisa mempelajari teknologi untuk PJJ ini. Kegiatan tuweb yang
didapatkan sebagai tutor di UT bermanfaat dan mendukung pekerjaan
utamanya.
Dari tulisan ini, penulis ingin berbagi kisah menarik dari tutor dan
mahasiswa agar tidak hanya menjadi cerita yang berlalu begitu saja dan
terlupakan. Terima kasih tak terhingga kepada seluruh mahasiswa y a n g
tetap gigih meraih masa depannya pada masa pandemi Covid-19. Terima
kasih juga atas perjuangan dan ketulusan semua tim tutor Kabupaten
Batang, tim yang hebat, yang sangat berperan menyukseskan tuweb. Terima
kasih untuk semua pihak yang telah berbagi kisah sehingga menginspirasi
pembuatan tulisan ini.
Dengan berbagi pengalaman nyata yang dialami, kendala dan solusi
dalam pelaksanaan tutorial, memberikan gambaran bahwa dalam masa
pandemi global pun pendidikan tetap harus dilaksanakan. UT sebagai
perguruan tinggi negeri yang menerapkan konsep pendidikan tinggi terbuka