Page 88 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 88

74  ~ Antologi CPNS ~


          kampus lainnya. Mahasiswa menjadi tahu akan pentingnya belajar mandiri
          dalam konsep pendidikan jarak jauh. Keadaan yang tidak memungkinkan
          bagi  terselenggaranya  layanan  bantuan  belajar  kelas  tatap  muka,  t e t a p i
          proses  penyampaian  pengetahuan  wajib  dituntaskan.  Peran  teknologi
          sangat penting bagi terselenggaranya proses pendidikan walaupun dengan
          segala  keterbatasan  kemampuan  bagi  sebagian  mahasiswa.  Kembali  lagi
          karena  UT  adalah  perguruan  tinggi  negeri  yang  menerapkan  sistem
          pendidikan  terbuka  dan  jarak  jauh.  Covid-19  telah  menegaskan  tentang
          hakikat UT yang mungkin terlupakan oleh sebagian mahasiswa dan tutor
          yang mengambil layanan bantuan belajar TTM.  Tentang  hakikat UT  yang
          akan selalu berhubungan dengan teknologi dalam proses pembelajarannya.
          Jadi,  harus  siap  apabila  TTM  pun  berganti  dengan  pemakaian  perantara
          jaringan internet dan teknologi.
             Berbagai pendekatan dilakukan sebagai upaya menyiapkan mahasiswa
          maupun tutor untuk pelaksanaan tuweb, antara lain memberikan informasi,
          pelatihan,  persamaan  persepsi  dan  motivasi  kepada  mahasiswa.  Dosen
          penanggung jawab wilayah (PJW) sangat berperan dalam masa seperti ini.
          Motivasi harus selalu diberikan oleh dosen kepada mahasiswa dan  t u t o r .
          Dosen  dan  pengurus  pokjar  harus  selalu  menumbuhkan  semangat  dan
          kebersamaan dalam diri tutor dan mahasiswa. Dengan adanya perhatian
          akan terjelma rasa tenang yang akhirnya penerimaan. Sugesti positif dan
          religius  menjadikan  tutor  dan  mahasiswa  bangkit  dan  mempunyai
          kemampuan  untuk  beradaptasi  dengan  Covid-19.  Prof.  Tian  Belawati
          mengemukakan bahwa orang yang cerdas adalah orang yang mampu untuk
          cepat beradaptasi dengan segala keadaan.
             Pengenalan  dan  pelatihan  tentang  Microsoft  Teams  (Ms.  Teams)
          dilakukan. Pada tutor kabupaten Batang dibuatkan tautan Ms. Teams untuk
          sarana latihan dan berkumpul antara semua tutor Kabupaten Batang, baik
          pendas  maupun  non  pendas.  Beberapa  kali  PJW  Kabupaten  Batang
          memberikan  pelatihan.  Tutor  Batang  bisa  setiap  waktu  masuk  tautan
          tersebut  mempelajari  fitur  yang  ada  pada  Ms.  Teams.  Dosen,  pengurus
          pokjar,  dan  tutor  bersama-sama  saling  back-up  dan  membantu  sehingga
          tutor terbiasa dengan Ms. Teams. Setelah tutor tidak asing lagi dengan Ms.
          Teams,  tautan  tersebut  dibagikan  ke  mahasiswa  Kabupaten  Batang.
          Tujuannya  agar  mahasiswa  juga  paham  dan  familier  dengan  aplikasi  Ms.
          Teams sehingga saat tuweb tidak lagi bingung dan meminimalisir kendala
          yang terjadi. Tautan latihan tersebut digunakan mahasiswa dan tutor secara
   83   84   85   86   87   88   89   90   91   92   93