Page 87 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 87

~ Perspektif Milenial: Pendidikan Jarak Jauh ~   73



               ada  keresahan  saat  awal  diberlakukannya  tuweb.  Hal  ini  terjadi  karena
               mahasiswa  ada  yang  tidak  memiliki  laptop  atau  komputer,  ada  yang
               memiliki, tetapi Microsoft dan Windows-nya “jadul”, jaringan internet yang
               jelek,  kuota  yang  boros,  cara  pengoperasian  yang  belum  dikuasai
               mahasiswa, dan masalah teknis lainnya. Hal yang sama juga dialami oleh
               tutor, kendala jaringan internet (permasalahan utama dalam tuweb), laptop
               yang belum upgrade, cara masuk dan menggunakan fitur-fitur yang tersedia.
               Beberapa  tutor  menginginkan  agar  memakai  media  aplikasi  Zoom  saja
               seperti yang dilakukan kampus konvensional dalam masa pandemi. Ada juga
               tutor  yang  mengusulkan  cukup  memakai  WAG  saja.  Tutor  juga
               mengemukakan sudah terlanjur membuat perangkat pembelajaran untuk
               delapan kali pertemuan tatap muka. Tidak hanya masalah-masalah teknis
               saja  yang  diperbincangkan,  tetapi  administrasi  tutorial  juga  merupakan
               pertanyaan yang paling banyak didiskusikan. Mulai dari bagaimana bentuk
               tanda tangan kehadiran, laporan yang diberikan, cara menampilkan materi,
               serta bentuk tugas yang diberikan.
                   Awal  sosialisasi  perubahan  layanan  bantuan  belajar  TTM  menjadi
               tuweb  benar-benar  menimbulkan  kekhawatiran  dan  pembahasan  yang
               panjang.  Bahkan  tutor  pun  merasa  sangat  bersyukur  apabila  mereka
               mendapatkan mata kuliah ampuan sedikit. Sangat berbeda dengan kondisi
               normal, di mana tutor yang tidak diberikan ampuan karena tidak ada mata
               kuliah  yang  sesuai  atau  yang  mendapatkan  sedikit  ampuan,  akan
               menanyakan  ke  PJW  untuk  diberikan  kelas.  Pada  masa  pandemi  dengan
               layanan bantuan belajar tuweb membuat tutor keluar dari kebiasaan yang
               dilakukan dan merasakan kerisauan. Tutor dan mahasiswa ‘galau’ karena
               merasa ‘gaptek’ dan harus mempelajari teknologi selain mempelajari mata
               kuliah. “Mempelajari dua ilmu dalam waktu yang singkat itu berat”, ungkap
               sebagian mahasiswa.

               KENDALA AWAL TUWEB

                   Polemik tentang tuweb tidak bisa menghentikan pendidikan menjadi
               diam di tempat. Dalam kondisi bagaimanapun ilmu tetap harus diusahakan.
               Upgrade  kemampuan  harus  terjadi  di  tengah  wabah  dunia.  Universitas
               Terbuka (UT) adalah perguruan tinggi yang menerapkan pendidikan terbuka
               dan  jarak  jauh  dengan  sistem  belajar  mandiri.  Belajar  dari  Covid-19  ini,
               mahasiswa dan tutor semakin memahami keberadaan UT bukanlah seperti
   82   83   84   85   86   87   88   89   90   91   92