Page 92 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 92

78  ~ Antologi CPNS ~


          segelintir mahasiswa lainnya yang tetap berada pada tautan yang sesuai. Hal
          tersebut menjadi cerita lucu sampai beberapa minggu yang selalu dibahas
          oleh mahasiswa dan grup tutor. Pak Anang sering diledek masa pandemi
          bisa jalan-jalan sampai Toraja. “Gratisan piknik lintas pulau” dan “Wisata
          virtual ke Toraja dengan salah kamar”, gurau teman-teman tutor lainnya.

          EVALUASI PELAKSANAAN TUWEB

             Tuweb berlangsung selama empat kali. Selain evaluasi pada setiap usai
          tuweb, juga evaluasi dengan sharing pengalaman para tutor dan mahasiswa
          Batang.  Berbanding  dengan  awal  masuknya  tuweb,  di  akhir  tuweb
          mahasiswa dan tutor malah antusias dengan layanan belajar tuweb. Tutor
          yang tadinya saling bertukar jadwal karena beberapa alasan, dengan adanya
          tuweb  jadwal  menjadi  sesuai.  Pengalaman  menarik  selama  tuweb  juga
          menjadi kisah tersendiri menghiasi pandemi ini. Cerita-cerita menarik dan
          unik  mahasiswa  dikirimkan  ke  UT  Pusat.  Tutor  dan  mahasiswa  kompak
          mengatakan  bahwa  dengan  adanya  tuweb  bisa  mendapatkan  multiskills.
          Mendapatkan pengetahuan sesuai jurusan yang diambil juga mendapatkan
          ilmu tentang penggunaan teknologi. Rasa kurang percaya diri dan keluhan
          berat/sulit untuk mempelajari materi sekaligus teknologi jadi terbantahkan.
          Semua yang ada hanyalah kisah seru yang mengantarkan semakin terasanya
          UT sebagai perguruan tinggi negeri dengan sistem pendidikan terbuka dan
          jarak jauh.
             Tuweb, walaupun termasuk model pembelajaran synchronous, tetapi
          keberadaannya bisa lebih fleksibel. Maksudnya, dengan tuweb mahasiswa
          dan tutor masih bisa melakukan pembelajaran dari mana pun tidak tersekat
          di dalam kelas atau ruangan. Mahasiswa bisa menerima ilmu dari rumah,
          dari tempat kerja, bahkan dari atas pohon dan atas genting rumah. Tugas
          yang diberikan pun juga disediakan waktu untuk mahasiswa mengerjakan di
          luar kelas tuweb. Hal ini berbeda dengan kelas TTM, tugas dikerjakan dan
          dikumpulkan pada waktu yang bersamaan pada saat proses tutorial.
             Dari  semua  layanan  pembelajaran,  pasti  ada  kelebihan  dan
          kekurangannya  masing-masing.  Begitu  halnya  dengan  tuweb  ini,  kendala
          jaringan internet adalah faktor utama sebagai permasalahan. Bermula dari
          jaringan, akhirnya menurunkan kendala lainnya yang berhubungan seperti
          boros  pembelian  kuota.  Selain  kekurangan-kekurangan  lain  yang
          mengikutinya. Namun demikian, permasalahan kuota juga dapat ditoleransi
   87   88   89   90   91   92   93   94   95   96   97