Page 96 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 96

82  ~ Antologi CPNS ~


          muka  (TTM).  Keterlibatan  kami  di  tutorial  online  dan  di  situlah  kami
          melakukan  pembelajaran  jarak  jauh.  Sekarang  jelas,  mengapa  UT  perlu
          mengadakan orientasi kepada kami sebelum kami melaksanakan tugas di
          unit  masing-masing?  Karena  UT  berbeda  dengan  perguruan  tinggi  lain.
          Lantas, hal-hal apa saja yang berbeda, sila perhatikan uraian di bawah ini.

          KONSEP PENDIDIKAN TINGGI TERBUKA DAN JARAK JAUH

             Indonesia memiliki dan melaksanakan sistem pendidikan yang berbeda
          dan  kompleks,  mulai  dari  (1)  sistem  pendidikan  konvensional  (interaksi
          siswa  dan  pengajar  terjadi  secara  langsung  dan  terus-menerus)  dan  (2)
          sistem pendidikan jarak jauh yang siswa belajar secara mandiri dan terpisah
          dari pengajar. Adanya sistem pendidikan tersebut melahirkan perbedaan
          antara sistem pendidikan jarak jauh yang diterapkan di UT dengan sistem
          pendidikan konvensional yang diterapkan pada perguruan tinggi lainnya.
             Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat
          melahirkan paradigma baru dalam dunia pendidikan. Proses pembelajaran
          yang selama ini berlangsung secara langsung dalam ruang tertutup dengan
          adanya  guru/dosen  mulai  menemukan  gaya  baru.  Munculnya  berbagai
          media yang terkait dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan
          komunikasi mengakibatkan proses pembelajaran dilakukan dengan sistem
          terbuka  dan  jarak  jauh.  Sesuai  dengan  namanya,  sistem  ini  memberi
          kemudahan  dan  memungkinkan  teratasinya  berbagai  kendala,  terutama
          ruang dan waktu. Selain itu, perkembangan sistem pendidikan terbuka dan
          jarak jauh dipicu oleh perkembangan kebutuhan akan pendidikan melalui
          metode alternatif. Oleh karena itu, sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh
          diterapkan di berbagai negara jauh sebelum pandemi Covid-19 melanda.
             Sistem  pendidikan  terbuka  mengandung  makna  bahwa  setiap  orang
          dapat belajar di UT tanpa ada batasan, baik tahun lulus ijazah pada sekolah
          lanjutan tingkat atas (SMA/SMK/MA hingga Paket C), usia, maupun  l a m a
          studi. Tak heran jika mahasiswa di UT memiliki variasi umur dengan rentang
          yang lebar. Variasi kelompok umur di UT terdiri atas > 44, 40—44, 35—39,
          30—34, 25—29, dan < 25 tahun. Selain umur, pekerjaan mahasiswa di UT
          pun  cukup  bervariatif  yang  terdiri  atas  guru,  TNI/Polri,  PNS,  swasta,
          wiraswasta, hingga tak bekerja. Beragam mahasiswa menjalani studi di UT
          tidak hanya fully student, tetapi sambil kuliah di UT sambil bekerja bahkan
   91   92   93   94   95   96   97   98   99   100   101