Page 47 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 47

(akrmmln Pendidiknn 2



     ada  sesuatu  yang  penting  terabaikan  dan  setiap  personal  jelas
     mengenai  siapa  yang  bertanggung  jawab  dalam  melakukan  apa,
     kapan.  bagaimana.  mengapa,  dan  di  mana.  Standar  sistem
     manajemen  merupakan  model  yang  harus  diikuti  oleh  organisasi
     dalam  penyediaan  dan  pengoperasian  sistem  manajemen.
     Organisasi  besar  atau  organisasi  dengan  produk  kompleks  tidak
     akan  dapat  berjalan  dengan  baik  tanpa  sistem  manajemen.
     Sistem  manajemen  ISO  menyediakan  standar  yang  dapat
     digunakan oleh semua organisasi.
            Tulisan  ini  mengulas  ISO  seri  9000  (2000)  secara  garis
     besar  untuk  digunakan  dalam  mengelola  Perguruan  Tinggi.
     Daripada  memilih  salah  satu  dari  begitu  banyaknya  sistem
     manajemen yang  ada,  lebih baik memilih sistem manajemen yang
     telah  digunakan  pada  berbagai  organisasi  dengan  hasil  yang
     memuaskan,  yaitu  ISO  seri  9000  (2000).  Di  samping  itu,  standar
     ISO  selalu  dikupas  untuk  diperbaiki  dan  pengelola  ISO  pun
     memperhatikan keluhan pengguna dalam perbaikan standar.

     A.  ISO seri 9000 (2000)

            ISO  adalah  organisasi  tingkat  dunia  yang  beranggotakan
     organisasi  standar  tingkat  nasional.  Saat  ini,  Indonesia  diwakili
     oleh  Badan  Standardisasi  Nasional.  ISO  Ieiah  mengembangkan
     banyak sekali standar spesifik untuk produk, material,  atau proses
     dalam  berbagai  sektor  bisnis,  industri  dan  teknologi  sejak  1947.
     ISO  menyiapkan  standar  melalui  panitia  teknis  ISO  (ISOfTC;
     Technical  Committees).  Setiap  anggota  mempunyai  wakil  dalam
     panitia  tersebut.  Di  samping  itu,  organisasi  internasional,
     pemerintah, dan  nonpeme-rintah yang menjalin hubungan dengan
     ISO dapat pula berperan.
            Pada  tahun  1987  diterbitkaFI  ISO  seri  9000  yang
     disiapkan  oleh  ISOfTC  176,  Quality  management  and  quality




                                                              31
   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51   52