Page 49 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 49

Cokrmmfa Prndidikan 2



     mana  kebutuhan  dan  harapannya  dipenuhi.  Gambar  1  tidak
     menggambarkan  rincian  proses.  Dalam  menjalankan  model
     tersebut  digunakan  delapan  prinsip  manajemen  yang  dipaparkan
     dalam bagian Prinsip Manajemen Kualitas.




                           SIS.tf>rn  rrlRnafPmen knafi!as
                           !dlflnqkr:Jtkan  terus-rnenPru~)





                                                     Pelanggan















                             Gambar  I.
              Model  sistem manajcmcn kualitas herbasis  proses


            Dalam  Gambar  1 diperlihatkan  hubungan  tiga  komponen
    utama,  yaitu  persyaratan  pelanggan,  sistem  manajemen  kualitas,
    dan kepuasan pelanggan.  Sistem manajemen kualitas merupakan
    siklus  empat  komponen,  yaitu  tanggung  jawab  manajemen,
    manajemen  sumber  daya,  reaiisasi  produk,  dan  pengukuran.
    Siklus  harus  dijalankan  dengan  lengkap.  Keterangan  sistem
    manajemen kualitas dan  keempat komponennya akan dipaparkan
    dalam bagian Sistem Manajemen Kualitas.





                                                              33
   44   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54