Page 48 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 48
Sllljiatmo, Si11e111 Mmwjemen Kualitas 11111/tk ..
assurance, dan hampir sepuluh tahun kemudian diikuti dengan
ISO seri 14000. ISO seri 9000 dan seri 14000 dikenal sebagai
standar sistem manajemen generik. Generik berarti bahwa
standar tersebut dapat digunakan untuk sembarang organisasi,
besar atau kecil, apapun produknya, termasuk produk jasa, dalam
sembarang sektor aktivitas, baik organisasi bisnis, organisasi
sosial, maupun organisasi pemerintah.
Standar manajemen kualitas ISO seri 9000 Ieiah
mempunyai reputasi global yang baik sebagai basis untuk
menciptakan sistem manajemen kualitas. ISO selalu melakukan
pengupasan untuk perbaikan semua standar yang dikeluarkan
setiap sekitar 5 tahun. ISO seri 9000 (1987) telah diperbaiki dan
digantikan dengan ISO seri 9000 (1994), kemudian dikembang-
kan, berdasar pengalaman penerapannya di lapangan, dengan
ISO seri 9000 (2000), [1], [2], [3]. yang disusun lebih sistematik.
Standar yang dikenal dengan ISO 9001, ISO 9002 dan ISO 9003
yang dikeluarkan pada tahun 1994 Ieiah diintegrasikan ke dalam
ISO 9001 (2000). Di sini akan dipaparkan garis besar ketentuan
dalam seri standar ini. Pembaca yang ingin mengetahui lebih
banyak mengenai seri standar ini dianjurkan untuk mempelajari-
nya dari dokumen lengkapnya.
Hasil yang diinginkan dapat diperoleh dengan lebih
efisien, jika aktivitas dan sumber daya yang terkait dikelola
sebagai suatu proses. Pendekatan demikian itu disebut pendekat-
an proses. ISO seri 9000 (2000) menekankan pendekatan proses
untuk pengembangan, penerapan, dan perbaikan sistem
manajemen kualitas. Gambar 1 menunjukkan sistem manajemen
kualitas berbasis proses menurut ISO seri 9000 (2000). Gambar
tersebut menunjukkan bahwa pelanggan memegang peran yang
sangat penting dalam memberikan masukan kepada organisasi.
Pemantauan terhadap kepuasan pelanggan memerlukan evaluasi
informasi yang berkaitan dengan persepsi pelanggan, sejauh
32