Page 43 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 43
Caknma/a Pendidikan 2
4. Pembelajaran
Proses pembelajaran akan berjalan dengan lebih mudah
bila semua masyarakat PT telah memahami dengan baik
pembelajaran siswa aktif, learning how to learn, penyiapan
sumber daya telah diatur dengan baik, guru/dosen telah memilfki
pandangan secara baik untuk membawa para siswa/mahasiswa
agar aktif dalam pembelajaran. Ielah diberikan pelatihan cara-cara
membuat mahasiswa aktif, serta penyiapan content berupa
kurikulum dan agenda pembelajaran yang sudah tersedia dengan
baik.
Proses pembelajaran tidak hanya menerapkan kemam-
puan dan menggunakan sarana serta mengikuti mekanisme yang
Ielah diatur dengan baik. Namun guru/dosen harus juga kreatif
menerapkan semua mekanisme pembelajaran tersebut. Guru/
dosen harus menjadi creator, motivator, fasilitator, dan moderator,
dan leader/resources bagi anak dfdiknya. Selain menerapkan
proses pembelajaran yang Ielah ditata secara balk. perlu feed
back untuk melakukan kajian dalam membenahi proses
pembelajaran. Penggunaan Internet untuk mencari bahan dan
berdiskusi sangat mendorong siswa/mahasiswa untuk lebih aktif
dalam pembelajaran karena harus berkomunikasi secara maya
dengan siswa/mahasiswa lain dan guru/dosennya di samping
mengembara di dalam dunia pengetahuan melalui ruang maya.
E. Kesimpulan
Paradigma pengelolaan pendidikan masa lalu yang hanya
menekankan dan bertumpu kepada pembelajaran kelas yang
konvensional harus ditinggalkan. diganti dengan paradigma baru
yang menempatkan pendididikan sebagai lembaga sosial yang
berfungsi untuk mengembangkan SDM yang dikelola secara
profesional. Segala aspek manajemen modern dalam mengelola
27