Page 43 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 43

Caknma/a Pendidikan  2



     4.  Pembelajaran

            Proses  pembelajaran  akan  berjalan  dengan  lebih  mudah
     bila  semua  masyarakat  PT  telah  memahami  dengan  baik
     pembelajaran  siswa  aktif,  learning  how  to  learn,   penyiapan
     sumber daya  telah  diatur dengan  baik,  guru/dosen  telah  memilfki
     pandangan  secara  baik  untuk  membawa  para  siswa/mahasiswa
     agar aktif dalam pembelajaran. Ielah diberikan pelatihan cara-cara
     membuat  mahasiswa  aktif,  serta  penyiapan  content   berupa
     kurikulum  dan agenda pembelajaran yang  sudah  tersedia dengan
     baik.
            Proses  pembelajaran  tidak  hanya  menerapkan  kemam-
     puan  dan menggunakan sarana  serta  mengikuti mekanisme yang
     Ielah  diatur  dengan  baik.  Namun  guru/dosen  harus  juga  kreatif
     menerapkan  semua  mekanisme  pembelajaran  tersebut.  Guru/
     dosen harus menjadi creator,  motivator, fasilitator,  dan  moderator,
     dan  leader/resources  bagi  anak  dfdiknya.   Selain  menerapkan
     proses  pembelajaran  yang  Ielah  ditata  secara  balk.  perlu  feed
     back  untuk  melakukan  kajian  dalam  membenahi  proses
     pembelajaran.  Penggunaan  Internet  untuk  mencari  bahan  dan
     berdiskusi  sangat  mendorong  siswa/mahasiswa  untuk  lebih  aktif
     dalam  pembelajaran  karena  harus  berkomunikasi  secara  maya
     dengan  siswa/mahasiswa  lain  dan  guru/dosennya  di  samping
     mengembara di dalam dunia pengetahuan melalui ruang  maya.

     E.  Kesimpulan

            Paradigma pengelolaan pendidikan masa lalu yang hanya
     menekankan  dan  bertumpu  kepada  pembelajaran  kelas  yang
     konvensional  harus  ditinggalkan.  diganti  dengan  paradigma  baru
     yang  menempatkan  pendididikan  sebagai  lembaga  sosial  yang
     berfungsi  untuk  mengembangkan  SDM  yang  dikelola  secara
     profesional.  Segala  aspek  manajemen  modern  dalam  mengelola



                                                              27
   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48