Page 38 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 38
Kumimmn, Membennhi l'engelolann l'endidikan Nasimml
para guru/dosen hanya bisa mendorong para siswa/mahasiswa
agar aktif dalam pembelajaran untuk membentuk pengetahuan-
nya sendiri. Dorongan para guru/dosen sangat memicu dan
memacu para siswanya aktif dan giat belajar.
Peran guru/dosen dalam kelas bukan mengajari namun
kehadiran guru/dosen membuat siswa/mahasiswa belajar
sehingga fungsi guru/dosen tidak mengajar namun lebih pada
empat fungsi harus dipahami oleh guru/dosen yaitu:
a. Sebagai creator yang dapat menciptakan suasana
pembelajaran yang kondusif, kreatif menciptakan berbagai
kiat dan model penyampaian materi pembelajaran, membuat
suasana pembelajaran menjadi menarik.
b. Sebagai motivator yang membangkitkan motivasi para
siswa/mahasiswa agar lebih aktif dan giat dalam belajar.
c. Sebagai moderator dan fasilitator dalam pembelajaran dan
mahasiswa yang aktif sebagai pelaku belajar.
d. Sebagai leader dan resources dalam memimpin pembelajar-
an di samping memimpin juga sebagai tempat bertanya dari
para mahasiswanya.
Dengan peran guru/dosen seperti ini akan mendorong
mahasiswa lebih aktif dalam pembelajaran. Keaktifan siswa/
mahasiswa tersebut akan meningkatkan mutu pendidikan dan
penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Siswa/
mahasiswa diajak dan ditekankan kepada learning how to learn.
Pemahaman ini akan sangat mendorong para siswa/mahasiswa
terus mencari ilmu pengetahuan sehingga dapat terbentuk long
life learning.
2. Mengembangkan Resources
Lembaga pendidikan mengembangkan sumber daya
yang terdiri dari guru/dosen dan alai belajar lainnya. Untuk itu
22