Page 38 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 38

Kumimmn,  Membennhi  l'engelolann l'endidikan  Nasimml



             para  guru/dosen  hanya  bisa  mendorong  para  siswa/mahasiswa
             agar  aktif  dalam  pembelajaran  untuk  membentuk  pengetahuan-
             nya  sendiri.  Dorongan  para  guru/dosen  sangat  memicu  dan
             memacu para siswanya aktif dan giat belajar.
                     Peran  guru/dosen  dalam  kelas  bukan  mengajari  namun
             kehadiran   guru/dosen   membuat   siswa/mahasiswa   belajar
             sehingga  fungsi  guru/dosen  tidak  mengajar  namun  lebih  pada
             empat fungsi harus dipahami oleh guru/dosen  yaitu:
             a.  Sebagai   creator   yang   dapat   menciptakan   suasana
                 pembelajaran  yang  kondusif,  kreatif  menciptakan   berbagai
                 kiat  dan  model  penyampaian  materi  pembelajaran,  membuat
                 suasana pembelajaran menjadi menarik.
             b.  Sebagai  motivator  yang  membangkitkan  motivasi  para
                 siswa/mahasiswa agar lebih aktif dan giat dalam belajar.
             c.  Sebagai  moderator  dan  fasilitator  dalam  pembelajaran  dan
                 mahasiswa yang aktif sebagai pelaku belajar.
             d.  Sebagai  leader dan  resources  dalam  memimpin  pembelajar-
                 an  di  samping  memimpin  juga  sebagai  tempat  bertanya  dari
                 para mahasiswanya.
                     Dengan  peran  guru/dosen  seperti  ini  akan  mendorong
             mahasiswa  lebih  aktif  dalam  pembelajaran.  Keaktifan  siswa/
             mahasiswa  tersebut  akan  meningkatkan  mutu  pendidikan  dan
             penguasaan    ilmu  pengetahuan  dan  keterampilan.  Siswa/
             mahasiswa  diajak  dan  ditekankan  kepada  learning  how to  learn.
             Pemahaman  ini  akan  sangat  mendorong  para  siswa/mahasiswa
             terus  mencari  ilmu  pengetahuan  sehingga  dapat  terbentuk  long
             life learning.


             2.  Mengembangkan  Resources

                     Lembaga  pendidikan  mengembangkan  sumber  daya
             yang  terdiri  dari  guru/dosen  dan  alai  belajar  lainnya.  Untuk  itu




             22
   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43