Page 34 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 34

Kurnimmn.  M('lllf}('/lnhi  Penge!olnnn  Pendidiknn Nnsimwl



                     Di  PT.  penggunaan Tl dalam proses pembelajaran secara
              maya  disebut  sebagai  e-learning  atau  distance  learning.  Para
              mahasiswa  dapat  dengan  mudah  mengakses  semua  bahan  ajar
              dan bisa melakukan pembelajaran secara  off-campus yang  bebas
              dengan  waktu,  ruang,  dan  jarak.  Pertemuan  antara  mahasiswa
              dan  dosen  melalui  media  maya  ini  dengan  bantuan  Tl.
              Ketersediaan  bahan  ajar,  ruang  untuk  berdiskusi,  mengerjakan
              tugas  dan  menyampaikan  kepada  dosen  semuanya  dapat
              dilakukan  melalui  media  elektronik.  Para  mahasiswa  dan  dosen
              tidak  perlu  harus  bertatap  muka  dalam  suatu  tempat  dan  waktu
              yang  sama  namun  bisa  mengambil  tempat  yang  sangat  tersebar
              dan  juga   pada  waktu  yang  berbeda.  Kegiatan  ini  tidak  lagi
              dibatasi  oleh  ruang.  waktu,  dan  Jarak  sehingga  akan  sangat
              mendorong agar para mahasiswa memiliki kesadaran penuh akan
              komitmen dan tanggung jawabnya sebagai manusia pembelajar.
                     Perubahan cara  belajar seperti  ini  mengubah  paradigma,
              kebiasaan, dan budaya belajar, serta mendorong kemajuan dalam
              pendidikan  di  Indonesia.  Dengan  demikian  mahasiswa  tidak  lagi
              hanya  menerima  pengetahuan  semata  namun  menjadi  inisiator
              dalam  menyampaikan pengetahuan  kepada  para  mahasiswa  lain
              dan  dosennya.  Kegiatan  seperti  ini  membentuk  learning  how to
              learn sehingga terbentuk tong life learning.


              4.  Organisasi dan Budaya
                     Organisasi yang  dibentuk harus  sesuai dengan  perspektif
              sistem  pendidikan  yang  menekankan  kepada  fungsi  dan  ditata
              secara  baik  agar  dapat  mengakomodasikan  kebutuhan  dan
              menjawab  tuntutan  sistem  pendidikan  dewasa  ini.  Perspektif
              sistem  pendidikan baru akan sangat mewarnai struktur dan fungsi
              organisasi   yang   dirancang.   Selayaknya   setiap   lembaga
              pendidikan  harus  bisa  mengembangkan  organisasinya,  relevan




              18
   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39