Page 29 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 29

('akrmmla  Pcnduhka11  2



            ManaJemen  pendidikan  yang  hanya berpusat dan terpaku
    semata    kepada   proses   pembelajaran   di   dalam   ke!as
    konvensional,  tanpa  mempunyai  kewenangan  serta  kebebasan
    untuk  mengembangkan  organisasi  sesuai  dengan  warna  dan  ciri
    pendidikan  masing-masing,  harus  ditinggalkan.  Sudah  saatnya
    manajemen  pendidikan  di  berbagai  lembaga  pendidikan  mulai
    dari  sekolah  dasar.  menengah.  sampai  kepada  PT  mengambil
    peran  yang  lebih  besar  dalam  mengembangkan  organisasi  dan
    mengatur  organisasinya  sendiri.  tanpa  mengabaikan  peraturan
    dasar  pemerintah  dan  pertanggungjawaban  kepada  masyarakat
    sebagai  stakeholder  pendidikan  itu  send1ri.  Untuk  itu  pengelola
    harus   dapat   mengubah   paradigma   tentang   pengelolaan
    pendidikan.  Pendidikan  dilihat  sebaga1  lembaga  sosial  yang
    berfungsi   mengembangkan    SDM     yang   dikelola   secara
    profesional.  Segala  aspek  manajemen  modern  dalam  mengelola
    perusahaan  harus  dapat  diterapkan;  tentu  d1sesuaikan  dengan
    kondisi  dan  s1tuasi  lembaga  pendidikan  tersebut  serta  tetap
    berbasiskan kepada pendidikan itu  sendiri.
            Aspek  yang  berperan  dalam  menentukan  keberhasilan
    suatu  pendidikan  sangat  banyak,  tidak  hanya  dilihat  dari  proses
    pendidikan  semata  tetapi  juga  aspek  lain  yang  berada  di  luar
    proses pendidikan yang memiliki peran dan  implikasi besar dalam
    keberhasilan proses pendidikan.  Untuk menerjemahkan perspektif
    sistem  pendidikan  yang  baru  menggantikan  perspektif  sistem
    pendidikan  lama.  konsep  ini  menawarkan  perspektif  sistem
    pendidikan  yang  baru  (lihat  Gambar  2).  Bila  dilihat  dan  dikaji
    secara  seksama  ternyata  konsep  baru  ini  sangat  kompleks  dan
    membutuhkan  banyak  effort  dalam  pengelolaannya,  namun
    sesuai  dengan  tuntutan  kebutuhan  dan  masyarakat  dewasa  ini,
    karena "'Konsep  ini  merupakan  suatu  perspektif  yang  utuh  dan
    menyeluruh  serta  merupakan  jawaban  terhadap  permasalahan
    pendidikan dewasa ini.



                                                             13
   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34