Page 29 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 29
('akrmmla Pcnduhka11 2
ManaJemen pendidikan yang hanya berpusat dan terpaku
semata kepada proses pembelajaran di dalam ke!as
konvensional, tanpa mempunyai kewenangan serta kebebasan
untuk mengembangkan organisasi sesuai dengan warna dan ciri
pendidikan masing-masing, harus ditinggalkan. Sudah saatnya
manajemen pendidikan di berbagai lembaga pendidikan mulai
dari sekolah dasar. menengah. sampai kepada PT mengambil
peran yang lebih besar dalam mengembangkan organisasi dan
mengatur organisasinya sendiri. tanpa mengabaikan peraturan
dasar pemerintah dan pertanggungjawaban kepada masyarakat
sebagai stakeholder pendidikan itu send1ri. Untuk itu pengelola
harus dapat mengubah paradigma tentang pengelolaan
pendidikan. Pendidikan dilihat sebaga1 lembaga sosial yang
berfungsi mengembangkan SDM yang dikelola secara
profesional. Segala aspek manajemen modern dalam mengelola
perusahaan harus dapat diterapkan; tentu d1sesuaikan dengan
kondisi dan s1tuasi lembaga pendidikan tersebut serta tetap
berbasiskan kepada pendidikan itu sendiri.
Aspek yang berperan dalam menentukan keberhasilan
suatu pendidikan sangat banyak, tidak hanya dilihat dari proses
pendidikan semata tetapi juga aspek lain yang berada di luar
proses pendidikan yang memiliki peran dan implikasi besar dalam
keberhasilan proses pendidikan. Untuk menerjemahkan perspektif
sistem pendidikan yang baru menggantikan perspektif sistem
pendidikan lama. konsep ini menawarkan perspektif sistem
pendidikan yang baru (lihat Gambar 2). Bila dilihat dan dikaji
secara seksama ternyata konsep baru ini sangat kompleks dan
membutuhkan banyak effort dalam pengelolaannya, namun
sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan masyarakat dewasa ini,
karena "'Konsep ini merupakan suatu perspektif yang utuh dan
menyeluruh serta merupakan jawaban terhadap permasalahan
pendidikan dewasa ini.
13