Page 32 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 32
1\'umimmn. Mfllllwnalli Penge!o!aan !'endid1kan Nasional
3. Proses Pendidikan
Proses pendidikan pada sekolah dasar dan menengah
lebih menekankan kepada pendidikan sedangkan pada
pendidikan tinggi menekankan pada kegiatan penelitian dan
pengabdian masyarakat. Dalam proses pendidikan ini banyak
yang harus dilakukan, mulai dari administrasi pendidikan,
pembelajaran d1 dalam kelas, evaluasi, sampai kepada kenaikan
kelas siswa atau judisium mahasiswa dan kelulusan siswa atau
wisuda mahasiswa. Begitu juga dengan kegiatan penelitian dan
pengabdian masyarakat yang meliputi kegiatan administrasi,
proses, dan evaluasi terhadap kegiatan tersebut.
Proses pendidikan berhubungan dengan kualitas calon
siswa/mahasiswa yang dalam istilah produksi disebut sebagai
bahan baku yang menjadi input dan sekaligus co production
factor. Kualitas calon siswa/mahasiswa juga turut menentukan
mutu pembelajaran di dalam proses pendidikan. Yang juga harus
c!iperha!1kan yaitu dalam pengelolaan pendidikan tersebut
mengikutsertakan masukan dan pendapat, keluhan dari para
stakeholder baik dari orang tua/wali dan penyandang dana serta
pengguna lulusan.
Pandangan, pendapat, bahkan keluhan dari para
stakeholder harus diterima dengan baik bahkan perlu meminta
feed back sebaik mungkin dari berbagai pihak terhadap lembaga
pendidikan tersebut. Semua data tersebut sangat bermanfaat
untuk diolah sebagai bahan evaluasi guna memperoleh informasi
sebagai bahan penyempurnaan proses pendidikan. Untuk
menunjang proses pendidikan tersebut tentu memerlukan aspek
yang penting yaitu content dan resources. Content terdiri dari
kurikulum dan data/informasi. Pertama, kurikulum (bahan ajar,
sumber belajar, perpustakaan. referensi), kegiatan penelitian dan
semua tulisan ilmiah yang dilakukan masyarakat pendidikan
16