Page 32 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 32

1\'umimmn.  Mfllllwnalli Penge!o!aan !'endid1kan  Nasional



              3.  Proses Pendidikan

                     Proses  pendidikan  pada  sekolah  dasar  dan  menengah
              lebih   menekankan   kepada   pendidikan   sedangkan   pada
              pendidikan  tinggi  menekankan  pada  kegiatan  penelitian  dan
              pengabdian  masyarakat.  Dalam  proses  pendidikan  ini  banyak
              yang  harus  dilakukan,  mulai  dari  administrasi  pendidikan,
              pembelajaran  d1  dalam  kelas,  evaluasi,  sampai  kepada  kenaikan
              kelas  siswa  atau  judisium  mahasiswa  dan  kelulusan  siswa  atau
             wisuda  mahasiswa.  Begitu  juga  dengan  kegiatan  penelitian  dan
             pengabdian  masyarakat  yang  meliputi  kegiatan  administrasi,
             proses, dan evaluasi terhadap kegiatan tersebut.
                     Proses  pendidikan  berhubungan  dengan  kualitas  calon
             siswa/mahasiswa  yang  dalam  istilah  produksi  disebut  sebagai
             bahan  baku  yang  menjadi  input  dan  sekaligus  co  production
              factor.  Kualitas  calon  siswa/mahasiswa  juga  turut  menentukan
             mutu pembelajaran  di  dalam proses  pendidikan.  Yang juga  harus
             c!iperha!1kan  yaitu  dalam  pengelolaan  pendidikan  tersebut
             mengikutsertakan  masukan  dan  pendapat,  keluhan  dari  para
             stakeholder baik  dari  orang  tua/wali  dan  penyandang  dana  serta
             pengguna lulusan.
                     Pandangan,  pendapat,  bahkan  keluhan  dari  para
             stakeholder harus  diterima  dengan  baik  bahkan  perlu  meminta
             feed back sebaik  mungkin  dari  berbagai  pihak  terhadap  lembaga
             pendidikan  tersebut.  Semua  data  tersebut  sangat  bermanfaat
             untuk diolah sebagai  bahan evaluasi  guna memperoleh informasi
             sebagai  bahan  penyempurnaan  proses  pendidikan.  Untuk
             menunjang  proses  pendidikan  tersebut  tentu  memerlukan  aspek
             yang  penting  yaitu  content  dan  resources.  Content  terdiri  dari
             kurikulum  dan  data/informasi.  Pertama,  kurikulum  (bahan  ajar,
             sumber belajar,  perpustakaan.  referensi),  kegiatan  penelitian  dan
             semua  tulisan  ilmiah  yang  dilakukan  masyarakat  pendidikan




             16
   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37