Page 27 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 27
Cakrmmla l'endl!h!..an 2
cenderung pasil dan menunggu ilmu dari guru/dosen, yang
sebenarnya bisa lebih aktil dapat mencari dan mempelajari sendiri
tanpa bantuan guru/dosennya.
4. Alat Belajar
Sama dengan sumber belajar, kelangkaan dan ketidak-
tersedlaannya ala! belajar menyebabkan proses pembelajaran
menJadi tidak menank. Para s1swa/mahasiswa sangat kurang.
bahkan tidak memiliki kesempatan untuk menggunakan alai
belajar dengan baik. Aspek psikomotor !ldak dipacu untuk
mengekspresikan pengetahuan yang dimiliki. Hal ini
menyebabkan kemampuan pemahaman dan penguasaan ilmu
pengetahuan dan keterampilan menJadl sangat rendah dan
dangkal. Ketiadaan dan kekurangan alai belaJar menyebabkan
para siswa/mahasiswa cenderung pasif dan hanya menenma dari
guru/dosen yang hanya menyampaikan teori.
5. Kurikulum
Memang perlu disadari bahwa kurikulum yang selalu
berganti selama ini, belum banyak mengangkat dan memperbaiki
pendidikan nasional secara keseluruhan. Pengembangan
kurikulum yang dilakukan selama ini tidak menyentuh kepada
masalah yang mendasar dalam pembelajaran itu sendiri.
Kurikulum yang digunakan selama ini berorientasi kepada content
based harus diganti dengan competency based. Di sisi lain yang
tidak kalah pent1ngnya adalah mekanisme pembelaJaran itu
sendiri. Mekanisme pembelajaran tidak dirancang secara ba1k
bahkan tidak menjadi perha!lan dan dianggap tidak penting
sehingga semua pembelaJaran dianggap hanya dengan
penyampaian materi pembelajaran semata secara monolog.
Proses pembelajaran menjadi tidak menarik dan sangat