Page 27 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 27

Cakrmmla  l'endl!h!..an  2


    cenderung  pasil  dan  menunggu  ilmu  dari  guru/dosen,  yang
    sebenarnya bisa lebih aktil dapat mencari dan mempelajari sendiri
    tanpa bantuan guru/dosennya.


    4.  Alat Belajar
           Sama  dengan  sumber  belajar,  kelangkaan  dan  ketidak-
    tersedlaannya  ala!  belajar  menyebabkan  proses  pembelajaran
    menJadi  tidak  menank.  Para  s1swa/mahasiswa  sangat  kurang.
    bahkan  tidak  memiliki  kesempatan  untuk  menggunakan  alai
    belajar  dengan  baik.  Aspek  psikomotor  !ldak  dipacu  untuk
    mengekspresikan    pengetahuan    yang   dimiliki.   Hal   ini
    menyebabkan  kemampuan  pemahaman  dan  penguasaan  ilmu
    pengetahuan  dan  keterampilan  menJadl  sangat  rendah  dan
    dangkal.  Ketiadaan  dan  kekurangan  alai  belaJar  menyebabkan
    para  siswa/mahasiswa cenderung pasif dan  hanya menenma dari
    guru/dosen yang hanya menyampaikan teori.

    5.  Kurikulum

           Memang  perlu  disadari  bahwa  kurikulum  yang  selalu
    berganti  selama  ini,  belum  banyak  mengangkat dan  memperbaiki
    pendidikan   nasional   secara   keseluruhan.   Pengembangan
    kurikulum  yang  dilakukan  selama  ini  tidak  menyentuh  kepada
    masalah  yang  mendasar  dalam  pembelajaran  itu  sendiri.
    Kurikulum  yang digunakan selama ini  berorientasi kepada content
    based harus  diganti  dengan  competency based.  Di  sisi  lain  yang
    tidak  kalah  pent1ngnya  adalah  mekanisme  pembelaJaran  itu
    sendiri.  Mekanisme  pembelajaran  tidak  dirancang  secara  ba1k
    bahkan  tidak  menjadi  perha!lan  dan  dianggap  tidak  penting
    sehingga   semua   pembelaJaran   dianggap   hanya   dengan
    penyampaian  materi  pembelajaran  semata  secara  monolog.
    Proses  pembelajaran  menjadi  tidak  menarik  dan  sangat
   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32