Page 23 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 23

Cakrmmla !'mdid!f.:an 2



            Pembelajaran  masih  dilakukan  secara  monolog  yang
    menempatkan     srswa/mahasiswa    sebagai   obyek    dalam
    pembelajaran  1tu  sendrri.  sedangkan  guru/dosen  sebagai  pelaku
    atau subjek utama menclapat banyak kritik,  sudi'!h  usang dan  tidak
    sesuai  dengan  perkembangan  clan  kemaJuan  ilmu  pengetahuan
    dan  teknologi.  Mekanrsme  pembelaJaran  searah  di  mana  tidak
    terjadi  interaksi  antara  proses  mengajar  dan  proses  belajar
    menyebabkan    pemahaman     1lmu   pengetahuan   dan   mutu
    pembelajaran  mentadi  rendah.  Siswa/mahasiswa  cenderung
    hanya  belajar  apabila  ada  ulangan.  tes  dan/atau  UJian.  llmu
    pengetahuan    yang   d1sampaikan   oleh   guru/dosen   tidak
    terinternalisasi  dalam  drri  siswa/mahasiswa.  Pengetahuan  yang
    dimiliki  sangal  dangkal  karena  hanya  bersifat  hafalan.  Hal  ini
    terjadi  karena  proses  belatar  dan  mengajar  ditempatkan  dalam
    proses  yang  terpisah  satu  dengan  lainnya  serta  jauh  dari  dunia
    nyata;   yang   sebenarnya   harus   terjadi   interaksi   yang
    mempertemukan  guru/dosen  dengan  siswa/mahasiswa  dan
    dalam suatu diskusi yanq intens dan dialog yang dinamis.
           Faktor  yang  menyebabkan  proses  pembelajaran  itu  tidak
    banyak  berubah  antara  lain  adalah  paradigma  guru/dosen  dan
    siswa/mahasiswa  tentang  pembeiAjaran.  budaya  mengajar  dan
    kemampuan     guru/dosen,   gaya   belajar   siswa/mahasiswa,
    kurikulum,  serta  ketersediaan  dan  kelengkapan  sumber  dan  alat
    belajar.  Untuk  memahami  lebih  rinci  perlu  dilihat  secara  jeli
    perspektif sistem  penclidikan sa at ini (lihat Gam bar 1 ).
           Ada  empat  aspek  yang  juga  turut  berpengaruh  terhadap
    pembelajaran  dalam  lembaga  pendidikan  yaitu  sosial,  ekonomi,
    budaya,  dan  teknoloqi.  Keempat  aspek  ini  mArupakan  pengaruh
    lingkungan  jauh;  kendatipun  tidak  langsung  terasa  dalam  suatu
    proses  pembelajaran  namun  cukup  berperan  dan  berpengaruh
    terhadap  pembelajaran.  Perubahan  struktur  sosial.  ekonomi,
    budaya,  dan  teknologi  suatu  bangsa  mempengaruhi  proses



                                                               7
   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28